Makanan & Minuman Sehat yang Bisa Merusak Gigi - Male Indonesia
Makanan & Minuman Sehat yang Bisa Merusak Gigi
Sopan Sopian | Looks

Tentunya setiap apa yang dikonsumsi baiknya bisa memberikan efek baik terhadap tubuh. Tapi tahukah Anda, ada beberapa makan yang memang baik untuk tubuh, tapi nyatanya bisa bikin rusak gigi Anda.

merusak gigi - male Indonesia

Photo by Jonathan Pielmayer on Unsplash

Ketika gigi rusak, tentu penampilan Anda juga akan berpengaruh. Anda akan terlihat sedikit tak sedap dipandang oleh orang lain, khususnya wanita. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang akan Anda konsumsi.

Tomat
Sama seperti makanan manis yang tidak akan membuat gusi sehat dan kuat, makanan asam juga buruk bagi gusi. Walau tomat itu menyehatkan dalam banyak hal dan kaya akan likopen antioksidan yang menurunkan risiko stroke, buah berair ini juga sangat asam. 

Makan tomat itu sama seperti merendam gigi dalam larutan asam yang dapat mengikis gusi dan merusak gigi. Sambil Anda menikmati buah yang berair ini, coba makan juga makanan yang menetralisir asam seperti mozzarella, daging sapi atau ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, lentil atau tuna.

 
 

Jeruk
Buah jeruk seperti jeruk manis, grapefruit, lemon dan jeruk nipis bersifat asam dan mengandung gula buah alami tinggi yang dapat merusak dan mengikis gigi dan gusi. Ada yang lain untuk mendapatkan vitamin C selain makan yang asam-asam.

Misalnya mengonsumsi suplemen atau makan sayuran yang tinggi vitamin C yang rendah zat asam (seperti brokoli, asparagus dan kacang polong) dan buah-buahan rendah asam seperti blewah, melon dan kiwi (yang kandungan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk manis).

Acar
Acar menjadi makanan pelengkap yang sering dicari ketika kita butuh sesuatu yang segar saat makan berat. Rasa asam cuka acar juga dapat membuat nafsu makan makin meningkat. Namun, sebuah studi pada tahun 2004 yang dilakukan terhadap lebih dari dua ribu siswa di Inggris membuktikan bahwa acar adalah makanan penyebab sakit gigi nomor satu dibandingkan dengan makanan lainnya.

Minuman Olahraga
Selain kandungan gulanya yang tinggi, minuman olahraga juga dapat mengikis gusi dan membuat gigi rusak karena kandungan asamnya juga tinggi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa asam dalam minuman olahraga akan menyerang gusi dan gigi.

Jika diminum selama lima hari berturut-turut. Jika Anda meminum minuman olahraga setelah berolahraga, bacalah zat gula yang ditambahkan pada label kemasannya, atau ganti saja dengan air putih. *** (SS)

SHARE