Anti Ribet, Kirim eMail Terjadwal Lewat Smartphone - Male Indonesia
Anti Ribet, Kirim eMail Terjadwal Lewat Smartphone
MALE ID | Digital Life

Pada 1 April 2019 kemarin, Gmail menginjak usia ke-15 tahun. Merayakan ulang tahun ini, Google merilis pembaruan yang membuat platform pesan elektroniknya itu jadi  semakin mutakhir. Pembaruan ini memungkinkan Gmail punya kemampuan untuk menjadwalkan pengiriman pesan untuk masa mendatang.


Photo: Stock Catalog/flickr

Fitur barunya ini memungkinkan pengguna untuk memilih mengirim email sesuai waktu yang direkomendasikan, seperti besok pagi pukul 8.00 atau besok siang pukul 14.00. Selain itu, pengguna juga bisa memilih waktu yang lebih spesifik lewat menu yang ada.

Penjadwalan pesan ini dirancang agar orang-orang yang bekerja di dunia digital atau yang berkaitan dengan perbedaan zona waktu bisa memiliki waktu luang yang tidak terganggu di luar jam kerja. Dengan begitu, work-life balance bisa lebih diterapkan di zaman serba digital ini.

Menyenangkannya, Anda bisa menggunakan fitur ini pada versi aplikasi dan juga web. Pada versi aplikasi, fitur ini bisa diakses dengan menekan tombol ikon tiga titik yang ada di sisi kanan atas email yang ingin dikirim. Kemudian pilih opsi ‘Schedule send’ dan tentukan waktu pengiriman yang diinginkan.

Sedangkan pada versi web, caranya adalah dengan menekan ikon panah ke bawah di sebelah kanan tombol send. Dari situ akan muncul opsi ‘Schedule send’. Setelah itu, kamu bisa mengatur waktu pengiriman.

Perlu diketahui juga, selain fitur penjadwalan email, Gmail juga meluncurkan fitur Smart Compose. Apa itu Smart Compose? Sebuah fitur untuk mengetik email lebih cepat di mana Gmail menyarankan frasa yang bisa digunakan untuk melengkapi kalimat secara otomatis.

Bukan hal yang mengejutkan, fitur ini didukung oleh AI Google dan saran yang diberikan tidak hanya didasarkan pada konteks email tetapi juga pada gaya penulisan Anda.

Jadi, jika Anda biasanya menggunakan frasa tertentu dalam surel, Smart Compose akan menawarkannya segera setelah Anda mengetikkan satu atau dua kata pertama. Fitur ini juga memberikan saran kepada pengguna terkait struktur kalimat dalam email yang mungkin lebih baik.

Fitur Smart Compose hadir dalam banyak bahasa selain Inggris, yaitu Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugal. Fitur ini baru tersedia di platform Android dan akan segera menyusul untuk platform iOS. *** (SS)

SHARE