Kiat Hindari Cedera Saat Bersepeda Gunung - Male Indonesia
Kiat Hindari Cedera Saat Bersepeda Gunung
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Bersepeda adalah olahraga dan alat transportasi dengan dampak lingkungan yang rendah. Bersepeda juga adalah aktivitas dengan benturan yang rendah yang memperbaiki ronus otot tanpa sendi lutut dan pergelangan kaki.

sepeda gunung - male indonesia
Photo by Eerik Sandstrom on Unsplash

Perlu diketahui juga. Bersepeda baik untuk kesehatan kardiovaskular, yang berbarti menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Lebih dari itu, khusus sepeda gynung, banyak sebagian orang melakukannya untuk menghilangkan penat dan stres.

Medannya yang berat tidak menjadi halangan bagi para penggemarnya, justru inilah yang memacu adrenalin sehingga pengalaman bersepeda menjadi lebih menantang. Namun medan yang berat ini jugalah yang menjadikan hobi sepeda gunung ini menjadi hobi yang berisiko tinggi. Cedera bisa saja terjadi bila kita tidak berhati-hati.

Cedera pada sepeda gunung sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni cedera yang disebabkan oleh kurangnya persiapan atau bersepeda terlalu, dan cedera yang disebabkan oleh kecelakaan seperti terjatuh dan sebagainya. Meski begitu, resiko cedera ini tentunya bisa dihindari bila memiliki persiapan.

Jaga Kondisi Badan
Untuk menghindari cedera yang disebabkan oleh kurangnya persiapan, seperti cedera pada bagian punggung karena terlalu lama membungkuk. Maka Anda harus menjaga kondisi badan agar tetap fit dengan cara melakukan olahraga secara rutin terutama olahraga yang berkonsentrasi untuk memperkuat core muscle atau otot inti pada bagian perut dan punggung. 

Pemanasan Sebelum Bersepeda
Pemanasan merupakan hal yang wajib untuk menghindari cedera. Luangkanlah waktu setidaknya sekitar 5-10 menit sebelum berspeda untuk melakukan pemasanan. Bila memang tidak memiliki waktu untuk pemanasan, maka Anda bisa coba bersepeda santai saja sekitar 15-20 menit sebelum kemudian bersepeda di medan yang berat.

Rencanakan Rute
Pastikan Anda sudah tahu rute yang akan dilalui serta perkiraan waktu yang dihabiskan untuk mencapai akhir rute. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan dengan lebih matang, misalnya saja Anda bisa membawa makanan lebih bila ternyata rute yang ditempuh memakan waktu yang lama, atau bisa bersepeda lebih pagi untuk menghindari medan yang semakin gelap yang tentu saja berbahaya.

Pastikan Sepeda dalam Keadaan Prima
Pastikan sepeda gunung yang akan dikendarai berada dalam kondisi yang prima. Lakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari kondisi ban, rem, hingga body sepeda. Jangan lupa untuk membawa pompa kecil untuk persiapan bila ban sepeda kempes di tengah jalan.

Gunakan Peralatan Keselamatan
Jangan lupa untuk menggunakan peralatan keselamatan seperti helm, pelindung siku dan lutut, kacamata sepeda, serta pakaian khusus untuk bersepeda. *** (SS)

SHARE