Tidak Ribet, Cara Mudah Merawat Tas Kanvas - Male Indonesia
Tidak Ribet, Cara Mudah Merawat Tas Kanvas
Gading Perkasa | Looks

Dengan langkah yang benar, merawat tas kanvas ternyata dapat dilakukan sendiri. Bergantung dari desain dan motifnya, Anda bisa menggunakannya untuk kesempatan kasual, ke kantor, atau traveling.

Tas Kanvas - Male Indonesia
Photo by Benjamin Manley on Unsplash

Namun tas kanvas punya karakter yang berbeda dibandingkan tas dari bahan kulit. Jika terkena debu atau kotoran, akan lebih cepat kusam dan sulit dibersihkan. Karena itu, jarang merawatnya akan mempersingkat usia tas.

Ada trik khusus untuk merawat tas yang terbuat dari bahan kanvas. Ikuti langkah berikut ini, supaya tas Anda awet dan selalu tampak baru.

Perhatikan Label Instruksi
Setiap produk yang dibuat dari bahan kain biasanya memiliki label instruksi untuk membersihkannya. Perhatikan label yang terletak di bagian dalam tas atau tersembunyi di lipatan dan kantung.

Pada label instruksi disebutkan cara merawat tas seperti suhu air saat mencuci, penggunaan deterjen, pengering, dan sebagainya. Proses membersihkan tas kanvas tidak jauh berbeda. Ketika Anda ingin membersihkannya, lakukan cara yang sama.

Buka Semua Bagian Tersembunyi
Sifat material kain atau kanvas yang fleksibel memungkinkan Anda untuk membuka semua lipatan yang berpotensi terdapat kotoran atau debu mengendap. Caranya, balik bagian dalam tas ke luar sehingga mudah dibersihkan. Gunakan sikat lembut untuk menyeka debu atau kotoran tersembunyi di setiap sela-sela lipatan.

Jangan Pakai Mesin
Sebagian orang menganggap tas kanvas dapat dibersihkan menggunakan mesin cuci. Padahal itu akan merusak bentuk dan konstruksi tas tersebut. Andalkan tangan Anda untuk mencuci tas kanvas.

Pakai Deterjen
Salah satu fungsi deterjen adalah menghilangkan noda pada permukaan kain atau kanvas. Karena itu, penggunaan deterjen pada tas berbahan kain atau kanvas dibolehkan, hanya saja pastikan Anda tidak menuangkan langsung deterjen ke bagian permukaan.

Anda bisa memakai kain atau sikat lembut yang sudah dibasahi dengan cairan deterjen untuk membersihkan noda. Pastikan Anda bersihkan langsung saat noda baru menempel.

Jangan Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari
Menjemur langsung tas Anda di bawah sinar matahari kurang tepat, karena warna dari tas menjadi kusam. Setelah dibersihkan, cukup dianginkan di tempat terbuka yang tidak langsung terkena sinar matahari hingga kering.

Jangan menggantung tas di dalam ruangan saat basah, karena menyebabkan proses pengeringan memakan waktu lama, sehingga bahan kanvas lembap dan bau. [GP]

SHARE