Musim Hujan, Bagian Motor ini Harus Diperhatikan - Male Indonesia
Musim Hujan, Bagian Motor ini Harus Diperhatikan
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Di musim hujan seperti sekarang, banyak orang memilih untuk tidak mencuci motor sesering biasanya. Sebagai besar menganggap bahwa motornya kemungkinan akan segera kotor lagi jika terkena hujan.


Photo: PxHere

Pendapat ini secara logika ada benarnya. Namun tahukah MALEnials kalau jarang mencuci motor di musim hujan justru akan berdampak buruk terhadap beberapa komponen?

Dampaknya memang tidak terlihat langsung, tapi perlahan-lahan muncul seiring jarangnya Anda membersihkan motor usai terkena hujan. Berikut beberapa bagian motor yang rentan rusak.

Mesin
Lumpur atau pasir biasanya mampir dan menempel ke bagian mesin yang basah terkena hujan. Kondisi ini membuat mesin jadi kesulitan melepas panas secara normal dan berujung pada peforma mesin yang tidak optimal.

Begitu pula ketika pasir atau lumpur menempel di bagian kisi - kisi radiator. Motor lebih mudah overheat karena asupan udara yang terhambat.

Tutup busi
Tutup busi berfungsi menghilangkan kebocoran arus dan menjaga resistansi internal yang tinggi. Jika bagian ini mengalami kerusakan dan busi terkena air, maka fungsi pengapian dan kelistrikan akan terganggu dan sudah pasti membuat motor tidak mau menyala alias mogok.

Suspensi
Motor sering mengeluarkan suara berdecit pada suspensi? Kemungkinan besar ada masalah di bagian tersebut. Biasanya, masalah muncul karena saat suspensi terkena hujan, maka air akan mengisi sela - sela suspensi yang punya mekanisme naik dan turun.

Jika pelumasnya larut bersama air hujan, itu membuat suspensi menjadi kering sehingga fungsinya tidak optimal. Suspensi juga kotor setelah terkena air hujan dan lumpur serta pasir yang menumpuk. Hal ini berdampak pada kerusakan suspensi.

Pengereman
Bagian ini paling sering disinggahi air hujan yang mengandung lumpur atau pasir. Jika tidak langsung dibersihkan, akan muncul suara berdecit saat roda berputar. Ini dikarenakan lumpur yang menempel pada kampas rem bergesekan dengan piringan cakram. Apabila dibiarkan, piringan cakram bakal mengalami masalah.

Rantai motor
Pelumas pada rantai motor akan mengering karena air hujan. Jika pelumas larut bersama air, rantai berpotensi karat. Kondisi ini juga membuat suara yang cukup mengganggu pada motor. Karatan pada rantai susah untuk dihilangkan.

Itulah bagian-bagian motor yang perlu Anda perhatikan saat musim hujan. Ada baiknya, Anda segera membilas seluruh bagian motor sampai bersih. [GP]

SHARE