Musisi Ternama yang Sempat Menjadi Backing Vocal - Male Indonesia
Musisi Ternama yang Sempat Menjadi Backing Vocal
MALE ID | News

Pepatah lama seperti ‘banyak jalan menuju Roma’ rasanya sangat tepat untuk menggambarkan ada berbagai cara demi meraih kesuksesan, dan itu dipahami betul oleh para musisi ternama dunia. Bahkan tidak jarang, mereka merintis kariernya di dunia musik dari bawah.

Percaya atau tidak, beberapa musisi ternama sempat memulai karier sebagai backing vocal. Posisi ini seringkali dianggap remeh dan disepelekan, sebab fungsi mereka seolah-olah hanya ‘pelengkap’ di belakang vokalis utama.

Nyatanya, peran backing vocal bisa menjadi batu loncatan untuk kemajuan karier seorang penyanyi. Masih belum percaya? Kalau begitu, langsung saja simak uraian mengenai empat musisi ternama yang pernah menempati posisi backing vocal di bawah ini.

Dave Grohl


Photo: wikimedia commons

Transformasi Dave Grohl dari seorang drummer menjadi vokalis Foo Fighters sempat diragukan oleh penggemar setia Nirvana. Padahal, Dave Grohl sudah terbiasa menggebuk drum sembari bernyanyi mengiringi Kurt Cobain. Bersama Foo Fighters, ia sukses membuktikan bahwa dirinya juga pantas jadi rockstar.

John Legend

Photo: PopTech/flickr

Sosok Kanye West memang terkenal kontroversial dan menyebalkan. Namun ada satu hal mengenai dirinya yang patut diacungi jempol. Berkat Kanye West, salah satu penyanyi terbaik dunia muncul. Dia adalah John Legend.

John Legend memulai kariernya sebagai penyanyi latar Kanye West. Tak ada seorang pun menyangka, dari seorang backing vocal, akhirnya John Legend bisa menyabet cukup banyak penghargaan bergengsi di dunia musik. Mulai dari Academy Award sampai Grammy Award berhasil ia raih.

Phil Collins


Photo: wikimedia commons

Sebelum memutuskan untuk solo karier dengan aliran pop, Phil Collins adalah drummer dari band legendaris bernama Genesis. Sembari menggebuk drum, ia juga sering menjadi penyanyi latar bagi beberapa penyanyi.

Gwen Stefani


Photo: Lorie Shaull/flickr

Terakhir ada vokalis wanita, Gwen Stefani. Pertama kali terjun di dunia musik, ia tergabung dengan band bernama No Doubt sebagai backup singer.

Setelah lead singer John Spence tewas akibat bunuh diri pada tahun 1987, Gwen terdorong untuk mengisi kekosongan di posisi vokalis. Ia juga terjun sebagai penyanyi solo. Namun hanya dua album saja yang ia rilis. [GP]

SHARE