Pentingnya Bersihkan Sisir Anda secara Rutin - Male Indonesia
Pentingnya Bersihkan Sisir Anda secara Rutin
Gading Perkasa | Looks

Dalam suatu kesempatan, Anda mungkin pernah merasa sangat malas untuk membersihkan sisir atau sikat rambut. Bayangkan jika Anda sudah keramas dan mencuci rambut dengan sampo, tapi kemudian menggunakan sisir yang sama sekali belum dibersihkan. It’s useless. Wanna know why?


Photo: Pixabay

Sisir yang jarang atau tidak pernah dibersihkan bisa membuat kulit kepala kotor dan menyebabkan ketombe. Singkatnya, akan sia-sia jika Anda menata rambut dengan sisir yang belum dibersihkan.

Oleh karena itu, Anda wajib membersihkan sisir secara rutin agar tidak jadi sarang bakteri. Begini langkahnya.

Menggunakan Air Panas
Ada banyak cara untuk membersihkan sisir, dan salah satunya adalah dengan air panas. Bersihkan sisir dari sisa-sisa rambut terlebih dahulu. Lalu, tuangkan air panas ke sebuah wadah. Masukkan sisir ke dalam wadah tersebut, dan tunggu beberapa saat.

Anda akan lihat bagaimana kotoran-kotoran pada sisir lambat laun terangkat. Pastikan bahwa air yang Anda masak tidak terlalu panas apalagi mendidih karena itu akan membuat sisir meleleh.

 
 

Menggunakan Amonia
Untuk menyingkirkan kotoran dari sisir, Anda juga dapat menggunakan amonia. Campurkan amonia dan air hangat dengan perbandingan 1:4. Setelah itu, masukkan sisir ke dalamnya dan tunggu sejenak.

Penggunaan amonia tidak boleh diberikan pada sisir halus berbahan plastik. Serta jangan sampai membiarkan tangan Anda terlalu lama kontak dengan cairan amonia.

Baking Soda atau Cuka dan Air Hangat
Bersihkan sisir secara menyeluruh dengan campuran cuka atau baking soda dan air hangat. Perbandingannya 1:4. Rendamlah sisir ke dalam campuran tersebut selama beberapa saat. Sayangnya, pembersihan menggunakan baking soda atau cuka dan air hangat tidak bisa diterapkan di sisir berbahan kayu.

Hydrogen Peroxide
Jangan sampai kulit kepala Anda gatal-gatal hanya karena sisir yang kotor. Rendam sisir ke dalam campuran hydrogen peroxide dan air hangat dengan perbandingan 1:4. bukan hanya kotoran, campuran ini juga mampu menghilangkan bakteri dari sisir.

Hindari menunggu sampai kulit kepala Anda gatal atau rambut menjadi kotor serta lepek hanya karena memakai sisir yang jarang dibersihkan. Mau dijauhi wanita gara-gara rambut Anda tak sedap dipandang? [GP]

SHARE