7 Hal Ini yang Bikin Smartphone Cepat Panas - Male Indonesia
7 Hal Ini yang Bikin Smartphone Cepat Panas
Gading Perkasa | Digital Life

Berbeda dengan komputer, smartphone tidak memiliki pendingin built in, sehingga sering cepat panas atau overheating. Tidak hanya panas, kinerja smartphone pun melambat. Ini pasti membuat Anda tidak nyaman, kan?

ponsel panas-Male-Indonesia
Photo: PxHere

Pada dasarnya, setiap alat elektronik akan terasa hangat saat digunakan. Saat aliran listrik bekerja, mereka akan menghasilkan panas. Namun begitu suhu itu terus meningkat, kemungkinan ada masalah yang lebih serius. Berikut tujuh hal yang bikin smartphone cepat panas, mengutip dari berbagai sumber.

 
 

Terlalu Banyak Multitasking
Anda tentu pernah membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Apalagi pengguna Android yang bisa menerapkan split screen.

Multitasking di smartphone akan membuat banyak aplikasi dibiarkan terbuka. Tentunya perangkat bekerja ekstra sehingga suhu yang dihasilkan semakin tinggi.

Main Game dalam Waktu Sangat Lama
Saat asyik bermain game, orang bisa lupa waktu. Apalagi kalau sedang mabar. Setelah bermain, dapat dipastikan smartphone Anda akan terasa panas.

Itu karena game memakan RAM dan inti pemrosesan smartphone. Ditambah lagi, banyak grafis yang harus diproses.

Pengaturan Smartphone Kurang Optimal
Pengaturan smartphone juga bisa memengaruhi seberapa banyak energi yang digunakan. Misalnya brightness terlalu tinggi, menggunakan animated wallpaper, hingga terlalu banyak widget yang dipasang.

Terpapar Sinar Matahari atau Udara Panas
Faktor luar dapat memicu overheating. Contohnya, saat Anda meninggalkan smartphone di dalam mobil yang mati dan terpapar sinar matahari.

Setelahnya, smartphone Anda akan sangat panas seakan mau meledak. Sebab, sebagian besar komponennya terbuat dari logam yang menyerap panas.

Menggunakan Smartphone Saat Diisi Daya
Ketika smartphone diisi daya, jangan dipakai terlebih dulu. Bukan karena baterainya yang mudah rusak, namun perangkat Anda rentan panas. Selain itu, proses pengisian akan memakan waktu yang lebih lama.

Upgrade OS
Kinerja background processing perangkat bakal meningkat usai Anda upgrade OS. Sebab OS baru menambahkan fitur-fitur yang bisa membuat smartphone bekerja lebih keras.

Sangat tidak wajar jika panas tidak kunjung menurun dalam beberapa minggu. Bila sampai terjadi, Anda harus segera membawanya ke service center.

Smartphone terkena malware
Malware bisa berasal dari aplikasi, iklan, dan berbagai file yang Anda unduh di internet. Mereka akan menggunakan software lain untuk menyebarkan diri. Kinerja smartphonepun melambat, lagging, dan overheating.

Sejumlah cara yang bisa Anda coba guna mengatasi overheating. Seperti mengunduh aplikasi cooling down untuk mendeteksi dan menurunkan panas smartphone Anda. Lalu, hindari menggunakan smartphone terlalu lama. [GP]

SHARE