Empat Faktor yang Bikin Rasa Percaya Diri Hilang - Male Indonesia
Empat Faktor yang Bikin Rasa Percaya Diri Hilang
Sopan Sopian | Relationships

Rasa percaya diri bukan saja berpengaruh kepada penerimaan diri pribadi, tetapi pencapaian baik untuk karir atau hubungan. Karena itu kepercayaan diri menjadi hal penting yang tak boleh ditanggalkan dalam perjalanan hidup seseorang.


Photo by SHTTEFAN on Unsplash

Selain itu, kekuatan mental seseorang dalam menghadapi segala bentuk kendala dan rintangan juga dipengaruhi rasa percaya diri. Bila kepercayaan diri memudar, maka kecenderungan untuk melakukan penolakan atau menghindar dari tantangan akan terjadi lebih besar.

Situasi tersebut tentu saja akan merugikan dan juga berpengaruh terhadap daya juang. Bila terperangkap dalam kondisi demikian, bukanlah hal tak mungkin Anda akan mengalami kesulitan untuk maju dan berkembang ke arah lebih baik.

Agar memiliki rasa percaya diri yang kuat, sebaiknya Anda mengenali terlebih dulu apa yang menjadi penyebab seseorang bisa kehilangan rasa percaya diri.

Kurang Memahami Diri Secara Utuh
Kenali diri seutuhnya. Selami apa yang ada di dalam diri. Pahami apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan selama ini. Jangan khawatir dan tetap percaya bahwa setiap manusia memiliki kelebihan yang terkadang kurang disadari. Jika Anda sudah menemukan apa yang menjadi kelebihan Anda, eksplore secara maksimal dan singkirkan perasaan takut untuk memulai.

 
 

Faktor Keuangan
Uang memang bukan patokan kebahagiaan, tetapi tanpa uang kebahagiaan seringkali dirasa tak sempurna. Tak dipungkiri faktor keuangan menjadi pemicu seseorang merasa minder ketika berinteraksi dengan orang lain. Merasa tak punya apa-apa, merasa kecil dan merasa tidak sempurna.

Hindari pikiran seperti ini dan belajar bersyukur atas apapun yang dimiliki. Mungkin kamu beranggapan kehidupan orang lain lebih menarik dari dirimu karena ia memiliki banyak uang.

Tapi, sebaliknya mungkin saja banyak orang berpikir hal yang sama kepada diri Anda. Perlu diingat, salah satu faktor tercapainya keuangan yang mapan karena kepercayaan diri yang ada di dalam proses tersebut. Dan tingkat kemampanan yang bisa mendongkrak rasa percaya diri tergantung bagaimana Anda melihat dan mensyukurinya.

Trauma
Pengalaman negatif yang terjadi di masa lalu dapat menjadi penyebab seseorang kehilangan rasa percaya diri. Jika sudah begini, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti konselor atau psikolog untuk membicarakan penyebab dan cara mengatasi trauma yang dialami.

Latar Belakang Keluarga
Keluarga dan pola asuh di masa kecil merupakan dasar tebentuknya karakter seseorang ketika dewasa. Ketika di masa kecil orang tua sering melarang ataupun mengatakan “tidak” bila anak ingin melakukan sesuatu, bisa jadi akan berpengaruh sampai dewasa.

Ada ketakutan dan ketidakyakinan di dalam diri untuk melakukan sesuatu. Apabila situasi ini terjadi dalam diri Anda, sebaiknya segera lawan jika sudah menyadarinya. Memang tidak mudah, tetapi tak ada yang tak mungkin bila terus meyakini diri demi sebuah perubahan yang berarti. *** (SS)

SHARE