Pertanda bahwa Anda akan Segera Dipecat - Male Indonesia
Pertanda bahwa Anda akan Segera Dipecat
Sopan Sopian | Works

Menurut laporan terbaru dari Airtasker dalam laman Techrepublic, dengan lebih banyak koneksi di seluruh negeri dan dunia, banyak orang berganti pekerjaan atau bahkan bidang karir beberapa kali sebelum pensiun.

Gambar oleh rawpixel dari Pixabay

Sementara pekerja cenderung memiliki lebih banyak fleksibilitas, beberapa perubahan pekerjaan itu bukan karena pilihan, dari 1.400 orang yang disurvei, 15% telah dipecat, 26% telah di-PHK, dan 17% telah mengalami kedua situasi.

Masih menurut laporan Airtasker, dipecat atau diberhentikan dapat membuat karyawan merasa gugup tentang masa depan karier mereka. Namun, uniknya, 77% pengusaha yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan mempekerjakan calon karyawan yang telah dipecat di masa lalu. Pengusaha tampaknya lebih peduli tentang referensi. 65% mengatakan mereka telah lulus dari mempekerjakan karena referensi yang buruk.

Nah, dari berangkat dari laporan tersebut, ada beberapa tanda-tanda peringatan utama yang sebelum mereka (karyawan) dipecat. Seperti supervisor kurang komunikatif dari biasanya, diberi peringatan informal, tidak menerima banyak pekerjaan untuk dilakukan seperti biasa, peringatan formal, gosip kantor, rekan-rekan kurang komunikatif daripada biasanya, tidak lagi disertakan dalam rapat dan email yang dulu, hingga lebih banyak rapat tertutup tanpa Anda.

 
 

Selain itu, ada pula evaluasi tentang pekerjaan berkali-kali. kemudian tugas kantor yang dibebankan kepada Anda semakin sulit. Bahkan, menurut Menurut Robert Dilenschneider, penulis '50 Plus!: Critical Career Decisions for the Rest of Your Life', jika Amda mendapati atasan untuk melaporkan kemajuan dalam sebuah proyek? Atau bos juga selalu memonitor pekerjaan setiap waktu? saatnya mulai mencari-cari pekerjaan baru.

Setelah Dipecat atau Diberhentikan
Walaupun mengalami pemecatan atau PHK bukanlah situasi yang ideal, sebagian besar karyawan cenderung bangkit kembali dengan relatif cepat. Lebih dari 80% dari mereka yang disurvei yang telah dipecat atau dilepas mengatakan mereka menemukan pekerjaan lain dalam waktu enam bulan, dan 63% mengatakan hanya butuh tiga bulan. Hanya 17% mengatakan butuh lebih dari enam bulan untuk menemukan pekerjaan baru.

Mayoritas karyawan yang dipecat atau dilepas pada akhirnya melihat manfaat finansial juga. 60% mengatakan bahwa mereka melihat peningkatan pendapatan pada pekerjaan berikutnya yang mereka ambil. Meskipun stres karena dipecat atau dilepas, 70% responden yang diberhentikan mengatakan bahwa mereka sekarang merasa bersyukur karena telah dilepaskan. *** (SS)

SHARE