Keluarkan Batu Empedu dengan Rutin Makan Buah Ini - Male Indonesia
Keluarkan Batu Empedu dengan Rutin Makan Buah Ini
Sopan Sopian | Sex & Health

Berdasarkan pengobatan alternatif China, batu empedu bisa dikeluarkan dengan terapi apel atau memakan apel selama enam hari berturut-turut. Pengobatan batu empedu dengan buah apel pertama kali dilakukan oleh dr. Lai Chiu-Nan di China. Hasilnya, terbukti secara empiris dapat mengatasi masalah batu empedu.


Photo by Benjamin Wong on Unsplash

Padahal berdasarkan kedokteran modern, batu empedu harus dikeluarkan dengan operasi bedah dan endoskopi. Penyakit batu empedu ditandai dengan sakit seperti maag, perut sakit dan mual namun tidak sembuh setelah pengobatan.

Apel mengandung asam D-glucaric yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Apel juga mengandung asam tartar untuk membunuh bakteri di pencernaan. Kandungan lainnya adalah baron untuk mempertahankan hormon estrogen, fitokimia untuk menangkap radikal bebas, flavonoid untuk mencegah timbulnya kanker, serta karoten dan pectin yang merupakan serat dari apel.

Kandungan pectin pada apel dapat menghentikan dan melunakkan batu empedu. Untuk menghilangkan batu empedu, jenis apel yang bisa digunakan adalah apel anna (apel jonathan), apel granny smith, apel manalagi, apel princess noble, apel rome, apel wangling dan lain-lain.

Pengobatan dilakukan dengan makan buah apel selama kurang lebih enam hari. Pada hari pertama hingga hari kelima, Anda harus makan buah apel sebanyak 4-5 buah per hari. Atau bisa juga dengan minum sari apel empat gelas per hari. Selama lima hari, Anda tetap boleh makan makanan lain.

Pada hari keenam, sekitar jam enam sore, Anda dianjurkan minum segelas larutan air hangat yang sudah dicampur 1 sdt garam Inggris. Pada jam delapan malam, dianjurkan minuman ramuan yang sama. Pada jam 10 malam atau sebelum tidur, meminum segelas campuran minyak zaitun dengan sari buah jeruk. 

Perbandingannya minyak zaitun setengah gelas dan sari buah jeruk setengah gelas. Pada hari keenam ini, Anda tidak dianjurkan makan malam. Esok paginya, ketika buang air besar pertama di pagi hari, batu empedu akan keluar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapi ini sebaiknya diulang kembali pada hari berikutnya dengan ritual yang sama. Untuk memasikan apakah batu empedu sudah keluar dalam jumlah yang banyak dari tubuh Anda atau bahkan sembuh total sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda ke dokter.

Selama menjalani terapi apel ini, sebaiknya Anda memperhatikan pola makan. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi lemak jenuh, daging hewan, tepung terigu dan gula putih. Anda dianjurkan untuk makan whole grains (butiran padi yang masih kasar), protein sayuran (kacang kedelai), makanan yang mengandung pectin (apel) dan makanan yang mengandung selulosa tinggi (sayur-sayuran dan buah-buahan).

Dan untuk menghindari terbentuknya batu empedu kembali, perbanyak minum air putih minimal delapan gelas sehari atau dua liter sehari. *** (SS)

SHARE