Pola Pikir yang Membuat Hubungan Lebih Nyaman - Male Indonesia
Pola Pikir yang Membuat Hubungan Lebih Nyaman
Sopan Sopian | Relationships

Adakalanya menikmati perjalanan sebuah hubungan percintaan atau masa pacaran seperti menikmati secangkir kopi. Pahit, manis bahkan kecut. Namun kebesaran hati untuk menerima setiap perubahan perasaan ketika tenggelam dalam masa-masa itu menjadi kenikmatan tersendiri.


Photo by Candice Picard on Unsplash

Masa pacaran menjadi masa yang penting bagi sebagian orang yang sedang berada di rentang usia remaja dan dewasa. Masa ini disebut masa pengenalan, pendekatan dan persahabatan.
Segala perasaan yang berbunga-bunga sampai amarah yang menyakitkan pasti akan dirasakan pada masa ini. Hal tersebut memang wajar adanya.

Namun, jangan sampai masa hubungan pacaran yang seharusnya dinikmati dengan apa adanya, menjadi masa kelam yang menakutkan dan sulit dilupakan. Hingga bisa jadi Anda sulit move on dan memilih jalan di tempat.

Untuk menikmati masa hubungan pacaran yang indah, bukan berarti Anda harus berganti-ganti pasangan, dan merasa bangga ketika teman memberi label “playboy” kepada Anda. Banyak hal yang harus Anda lakukan agar masa hubungan pacaran memiliki kesan positif dan tidak menimbulkan saling dendam dengan si mantan.

Jujur dan Apa Adanya
Tak perlu menjadi orang lain ketika berhadapan dengannya. Pertahankan karakter asli. Jangan berpura-pura dengan menutupi sikap asli. Tidak lucu bukan ketika pasangan mengira Anda pria yang pendiam, ternyata sesungguhnya Anda sangat aktif.

 
 

Tetap Pikirkan Diri Sendiri
Jangan mengorbankan banyak hal untuk kekasih. Tetap pikirkan diri sendiri dan bersikap wajar. Misalnya, jangan sampai Anda rela memberikan semua harta atau tabungan kepada pasangan. Ingat, hubungan Anda dan si dia masih sebatas “masa hubungan pacaran”. Kebayang tidak kalau tiba-tiba Anda putus di tengah jalan, masalah finansial ini bisa jadi pemicu kebencian antara Anda dan si mantan.

Terbuka yang Wajar
Menceritakan semuanya kepada kekasih memang tak pernah dilarang. Tetapi, terbukalah yang wajar. Ada hal-hal yang masih harus Anda simpan sendiri. Ada hal yang bisa Anda ceritakan. Sampai kapan? Sampai waktu yang tepat. Sampai Anda benar-benar yakin dengannya.

Hindari Saling Bergantung
Masa hubungan pacaran merupakan masa pendekatan dan pengenalan. Hindari sikap saling bergantung satu sama lain. Sikap ini bisa bikin Anda susah move on dan terpaksa bertahan terus dengannya. Padahal Anda sudah merasa tidak nyaman di dekatnya.

Buat Keputusan Sendiri
Selama masa hubungan pacaran, sebaiknya Anda tetap membuat keputusan sendiri terhadap diri Anda. Menerima masukan dari orang yang Anda cintai memang menyenangkan, tetapi jangan sampai akhirnya si dia dengan leluasa melarang atau menghalangi Anda membuat keputusan sendiri. Tidak mau bukan, Anda kehilangan kesempatan karena dilarang-larang sama si dia yang statusnya masih jadi kekasih?

Hargai Privasi
Selama masa hubungan pacaran, privasi yang ada di antara Anda dan si dia tetap harus dihargai satu sama lain. Hargai dia dengan masa lalunya, hargai dia dengan batas dan kehidupan pribadinya. Begitupun sebaliknya. Tahan sikap kepo Anda dan jangan sedikit-sedikit curiga. Dengan Anda menghargai privasinya, dia pun akan merasa tersanjung dan menjaga kepercayaan yang ada. *** (SS)

SHARE