Kesalahan yang Dianggap Biasa Pengguna Komputer - Male Indonesia
Kesalahan yang Dianggap Biasa Pengguna Komputer
MALE ID | Digital Life

Selain ponsel, komputer dan laptop juga menjadi benda yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang hidup di kota-kota besar. Benda tersebut seolah memegang peranan penting untuk aktivitas manusia. Sayang, semua hal itu tak dibarengi dengan pengetahuan penting soal beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan.


Photo by João Silas on Unsplash

Kesalahan ini berkaitan dengan penggunaan komputer atau laptop mereka. Padahal, mengutip dari Reader's Digest, jika terus-terusan dilakukan, kesalahan tersebut akan menimbulkan beberapa kerusakan pada komputer dan laptop. Bukan tidak mungkin juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari penggunanya.

Tidak Rutin Unduh Perbaruan Sistem Operasi
Peringatan untuk mengunduh pembaruan sistem operasi mungkin akan menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi pada saat itu, Anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Namun, mengabaikannya juga merupakan kesalahan yang masih sering dilakukan oleh banyak orang.

Menerapkan pembaruan sistem operasi kerap kali membuat sebal karena mengharuskan Anda untuk melakukan restart pada komputer. Namun, sebisa mungkin lakukan hal tersebut untuk menghindarkanmu dari berbagai hal yang justru bisa menyerang komputer.

Memperbarui sistem operasi bisa meningkatkan kinerja komputer ataupun laptop. Tidak memperbaruinya bisa membuat komputer atau laptop menjadi lebih rentan diserang peretas dan malware. Kelalaian ini juga bisa menyebabkan kerusakan serius pada data dan pencurian identitas.

Membuka Lampiran Email Tanpa Tahu Sumber Aslinya
Berkaitan dengan koneksi internet, Anda juga harus berhati-hati. Banyak orang mungkin masih mengabaikan betapa pentingnya melakukan cek kembali pada lampiran email yang dikirimkan kepada.

Melakukan cek kembali pada lampiran di email akan menghindarkan Anda dari berbagai virus yang bisa saja ada di lampiran tersebut. Untuk itu, lebih baik jangan pernah mengunduh lampiran dari sumber yang tidak kamu ketahui dan belum jelas.

Membuka Banyak Tab di Dekstop Maupun Browser
Satu lagi kesalahan yang banyak dilakukan pengguna komputer dan laptop, membiarkan banyak tab terbuka meski tak digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa melakukan hal tersebut bisa memperlambat kinerja komputer.

Beberapa keluhan yang disampaikan pengguna komputer dan laptop berkaitan dengan betapa lambatnya komputer mereka. Padahal, masalahnya hanya karena mereka membuka terlalu banyak tab. Hal yang sama berlaku saat kamu melakukan selancar internet.

Mengabaikan Peringatan Memori Penyimpanan Yang Penuh
Beberapa orang mungkin akan mengabaikan peringatan ini. Ya, peringatan soal memori penyimpanan yang penuh kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Akan tetapi, mengabaikannya bukanlah hal yang baik. Segera hapus data yang tak penting dan sisakan ruang kosong di komputer atau laptop.

"Kehabisan ruang penyimpanan akan menyebabkan masalah dalam segala hal yang Anda coba lakukan," jelas pakar teknologi, Kelly Wilkerson. "Komputer atau perangkat seluler akan lambat, tidak stabil, dan mulai mogok secara acak," tambahnya.

Membiarkan Pop Up Muncul Terus Menerus
Membiarkan pop up muncul terus menerus pada layar komputer atau laptop bukanlah hal yang baik. Ini juga menjadi salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pengguna komputer dan laptop.

Pop up yang dibiarkan muncul terus menerus akan mengacaukan kinerja komputer atau laptop. Pop up yang terus menerus muncul dan tak sengaja di-klik bisa saja menggiringi Anda pada virus ataupun malware yang merugikan. Cara terbaik adalah dengan memasang aplikasi untuk memblokir pop up yang bisa Anda temukan di Google. Namun, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman. *** (SS)
 

SHARE