Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa - Male Indonesia
Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Berpuasa tak harus menjadi halangan untuk tetap menjalani aktivitas olahraga. Anda bisa tetap berolahraga asal dengan porsi yang pas supaya aktivitas berpuasa Anda tidak terganggu.

puasa ramadan male indonesia
Photo by Unsplash on Unsplash

Seperti diketahui, olahraga memungkinkan tubuh untuk tetap prima dalam berbagai kondisi. Tetapi saat perut kosong, tentunya rasa malas dan takut lemas menyerang pikirian Anda. Untuk mengantisipasi itu, dan agar tubuh Anda tetap bugar, Anda masih bisa melakukan olahraga. Lalu olahraga apa saja yang bisa dilakukan?

Bersepeda
Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

Bowling
Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Olahraga ini membantu Anda menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa Anda lakukan selama berpuasa. Anda dapat bermain bowling di sore hari, dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

Jalan Cepat
Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Anda bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan di tempat-tempat dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan olahraga ini di sore hari.

Renang
Renang menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat Anda pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Anda dapat melakukannya di sore hari selama kurang lebih 30 menit. 

Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut.

Jogging/Treadmill Ringan
Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Anda bisa melakukan jogging di pagi hari atau saat sore hari. Jogging di pagi hari memungkinkan Anda tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh.

Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

Naik Turun Tangga
Terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan namun mampu menimbulkan dehidrasi jika Anda tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. 

Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan. *** (SS)
 

SHARE