Makanan yang bikin Anda Kenyang Lebih Lama - Male Indonesia
Makanan yang bikin Anda Kenyang Lebih Lama
Sopan Sopian | Sex & Health

Saat perut tidak terbiasa untuk menahan lapar. Tentu akan kaget ketika Anda harus menahan lapar selama seharian. Khususnya bagi Anda yang menjalani aktivitas berpuasa tanpa persiapan apapun.

tahan lapar - Male Indonesia
Photo by OLA Mishchenko on Unsplash

Menyantap makanan di pagi buta (sahur), menjadi sebuah persiapan yang harus dilakukan. Tentu Tujuannya supaya tubuh punya asupan energi baik untuk bisa beraktivitas sepanjang hari. Pada dasarnya makanan apapun baik dikonsumsi asal tidak berlebihan.

Misalnya, tidak berlebihan pedas, asam, manis ataupun asin. Makanan yang berlebihan ini akan membuat Anda jadi mudah haus dan lapar. Maka dari itu, Anda diperlukan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sehingga bisa membuat kenyang lebih lama.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang tidak hanya menyehatkan, namun juga membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran hijau juga tidak memiliki banyak kalori, sehingga akan membuat berat badan tetap terjaga. Sayuran yang dapat Anda konsumsi adalah bayam, brokoli, dan masih banyak lagi.

Telur
Protein merupakan salah satu kandungan yang paling baik untuk membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Kandungan protein tersebut bisa Anda dapatkan dari telur. Shelley McGuire dari American Society for Nutrition pernah menyampaikan bahwa mengonsumsi telur di pagi hari akan membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Anda dapat mengolah telur menjadi berbagai makanan yang menarik, selain direbus. Misalnya omelet dengan sayuran dan daging di dalamnya.

Nasi Merah
Apa Anda pernah mengonsumsi nasi merah? Nasi yang berasal dari beras merah ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang nasi putih biasa. Dengan mengonsumsinya, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. 

Pasalnya, makanan yang mengandung serat dan indeks glikemik yang rendah proses penyerapan zat gizi dapat terjadi secara perlahan sehingga rasa kenyang akan lebih lama.

Anda dapat mengombinasikannya dengan lauk apapun saat memakannya, misalnya ayam, telur atau ikan. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran dan buah pada menu makan Anda.

Apel dan Pir
Buah-buahan juga tidak boleh terlewatkan dari menu makanan Anda. Buah yang cocok agar perut terasa kenyang seharian adalah apel dan pir. Hal ini lantaran buah tersebut mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Buah ini biasanya dikonsumsi buat mereka yang tengah diet agar merasa kenyang. *** (SS)
 

SHARE