Etika Menginap di Hotel yang Harus Selalu Diingat - Male Indonesia
Etika Menginap di Hotel yang Harus Selalu Diingat
Sopan Sopian | Relax

Bagi Anda yang traveling ke tempat jauh dalam waktu yang lumayan lama, maka hotel menjadi tempat untuk menginap. Letaknya yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai penjuru dengan harga yang variatif, membuat hotel jadi pilihan banyak orang untuk menginap jika mereka sedang traveling ke sautu tempat tertentu.


Photo by KEEM IBARRA on Unsplash

Namun meskipun ada istilah pembeli adalah raja, tidak berarti Anda mengesampingkan etika dan seenaknya saja. Namun, meski telah membayar mahal, tamu harus menjaga etika saat menginap di hotel. Sikap yang tidak beretika dapat mengganggu kenyamanan tamu lain dan juga menghambat kerja staf yang ada di sana.

Maka dari itu, tunjukan Anda adalah orang yang sopan, beradap, dan berpendidikan dengan mematuhi etika dan tidak bersikap sesuka hati ketika menginap di hotel. Berikut ini etika menginap di hotel yang harus Anda ingat.

Bersikaplah Sopan Pada Staf Hotel
Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersikap sopan pada staf hotel. Anda wajib bersikap profesional dan tetap ramah kepada mereka, seletih apapun Anda sampai di hotel.

Seorang staf front desk dari Boston University's School of Hospitality Administration mengatakan akan banyak keuntungan dari tamu yang bersikap ramah. Maka dari itu, kalian harus tetap menjaga sikap meski telah membayar.

 
 

Jaga Ketenangan Lingkungan Hotel
Bagi Anda yang menginap di hotel secara berkelompok, sebisa mungkin jagalah ketenangan lingkungan di hotel Anda menginap. Salah satunya dengan tidak bicara berisik dan keras-keras saat melewati koridor kamar hotel. 

Artinya bukan hanya di kamar saja, Anda tak boleh berisik dan menganggu tamu lain yang menginap. Saat sedang berada di koridor pun, jangan membuat keributan seperti berlari-lari atau berbicara dengan suara yang keras.

Suara dari koridor yang menggama bukan tak mungkin sampai di kamar tamu lain, dan mengganggu mereka. Hal yang sama juga dilakukan ketika Anda mengantri untuk makan atau sarapan di hotel. Mengantrilah sesuai urutan dan jangan berlebihan mengambil makanan yang disediakan oleh pihak hotel.

Jangan Gunakan Sandal Hotel ke Luar Kamar
Sandal hotel merupakan salah satu layanan yang disediakan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sandal hotel sebaiknya tidak digunakan ke luar kamar. Sandal hotel dirancang tipis dengan bahan lembut yang cocok untuk lantai karpet atau menghalau dingin ubin di kamar. Menggunakan sandal hotel ke luar kamar dianggap tidak sopan, apalagi jika di luar negeri. Selain itu, hal tersebut tidak enak dipandang.

Jangan Pernah Membawa Makanan Yang Memiliki Bau Tajam
Etika satu ini juga jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hotel memiliki peraturan yang melarang tamu untuk membawa makanan berbau, seperti durian. Pasalnya, makanan tersebut akan membuat tamu lain tidak nyaman. Taati peraturan tersebut jika kalian tidak akan terkena denda.

Ketahui Barang yang Tidak dan Boleh Dibawa Pulang
Tidak semua barang-barang yang berada di hotel boleh dibawa pulang. Hanya sandal, sampo dan sikat gigi yang dapat Anda ambil. Jangan membawa pulang benda-benda yang tidak boleh dibawa pulang, Anda bisa saja dianggap mencuri. *** (SS)

SHARE