Lebih Sehat, Jadikan Sagu Pengganti Konsumsi Nasi - Male Indonesia
Lebih Sehat, Jadikan Sagu Pengganti Konsumsi Nasi
MALE ID | Sex & Health

Seperti yang telah diketahui nasi memiliki kandungan karbohidrat, namun karbohidrat pada sebuah sagu tidak mudah terurai, sehingga membuat tidak mudah lapar. Lain halnya dengan karbohidrat nasi yang mudah terurai dan akan menjadi gula, hal ini menjadi penyebab utama seorang berpontensi menderita diabetes.

sagu-Male-Indonesia
Photo : Huyzee Vu/Flickr.com

Dilangsir dari Daily Mail, sering mengkonsumsi nasi secara berlebih akan membuat gula darah naik dan turun, dikarenakan indeks glikemik (Glycemic Index) tinggi. Tidak hanya memiliki karbohidrat, sagu juga memiliki sember energi, kandungan glukosamin yang baik guna menjaga kesehatan tulang dan organ tubuh lain. 

Terlebih pada sebuah sagu memiliki kandungan potasium yang baik untuk menjaga kesetabilan gula darah, yang menyebabkan darah tinggi hingga berpotensi kematian. Sebagai sumber pati, sagu mempunyai peran penting sebagai bahan pangan. Pemanfaatan sagu sebagai bahan pangan tradisional sudah lama dikenal,produk makanan sagu tradisional dikenal dengan nama papeda, sagu lempeng, roti, biskuit, mie dan lain-lain.

Bagi masyarakat bagian Timur Indonesia, mengkonsumsi sagu dalam kehidupan sehari-hari adalah hal biasa dan bahkan menjadi salah satu makanan pokok penganti nasi. Namun siapa sangka sagu yang sering dikonsumsi di daerah Maluku dan Papua ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Sagu terbilang makanan pokok yang mengandung karbohidrat yang cukup bagi manusia, terlebih tidak memiliki kadar gula yang berbahaya bagi kesehatan. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi sagu sama dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan beras merah, jagung, ubi jalar, gandum dan lain-lain. Lantas apa saja manfaat sagu bagi kesehatan?

Sumber Tenaga dan Energi
Kandungan karbohidrat yang ada pada sagu menjadi salah satu pilihan yang baik guna menunjang asupan makanan bagi tubuh manusia, sehingga dapat membantu mengembalikan tenaga atau energi pada tubuh setelah melakukan perkerjaan, olahraga dan lain-lain. Sagu membantu mengingkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh.

Mencegah Kanker Usus
Rutin mengkonsumsi sagu secara baik ternyata membantu tubuh terserang dari kanker usus. Hal ini dikarenakan sari pati sagu mempunyai sifat resisten terhadap enzim dan mikrobia, ini karena tidak tercerana oleh usus halus, melainkan difermentasi oleh bakteri di kolon.

Terhindar Darah Tinggi
Bagi para ahli berpendapat sagu memiliki kandungan serat dan mineral fosfor yang mampu menstabilkan kadar glukosa yang ada pada gula dalam darah. Terlebih kandungan serat dalam sagu mampu menghambat peningkatan glukosa yang terjadi dalam darah, sehingga glukosa tidak membentuk Kristal yang menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah.

Menjaga Jantung Tetap Sehat
Manfaat lain mengkonsumsi sagu adalah mampu menjaga kesehatan jantung bagi mereka yang mengkonsumsinya. Meminimalisir penggumpalan darah (thrombosis), yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menyebabkan serangan jantung, terjadinya serangan struk, hingga kematian. *** (SS)

SHARE