Sum 41 Kembali ke Publik dengan Album Baru - Male Indonesia
Sum 41 Kembali ke Publik dengan Album Baru
Gading Perkasa | News

Band pop-punk veteran asal Kanada, Sum 41 telah memberikan detail mengenai album terbaru mereka berjudul Order in Decline. Album ini resmi dirilis pada tanggal 19 Juli 2019 melalui Hopeless Records.


Photo: wikimedia commons

Sum 41 yang sekarang digawangi oleh Deryck Whibley, Dave Baksh, Jason McCaslin, Tom Thacker dan Frank Zummo ini merilis single perdananya setelah vakum semenjak merilis album comeback bertajuk 13 Voices (2016).

Peluncuran single berjudul Out For Blood sekaligus merupakan pernyataan Sum 41 bahwa album mereka tinggal menunggu waktu. Single tersebut adalah lagu berdurasi tiga menit 35 detik.

Menelisik sound di lagu itu, terasa bahwa Sum 41 hadir kembali dengan pendekatan yang lebih ‘keras’, diperkuat oleh nuansa gitar yang memuat aksen metal di dalamnya. Album ini melanjutkan kisah Sum 41 sebagai sebuah band, di mana sebelumnya mereka telah merampungkan proses tur tiga tahun mereka untuk album 13 Voices.

Dalam keterangan resmi mereka, Deryck (vokal) menyatakan, saat menulis lirik album ini dirinya cenderung terjaring pada tema-tema pembagian kelas sosial, kekacauan sosial, dan juga kebencian.

“Sebenarnya, saya benar-benar tidak ingin menulis lagu-lagu berbau protes terhadap kondisi politik dan sosial. Dan percayalah, Order In Decline bukanlah rekaman yang seperti itu,” tutur Deryck, seperti dikutip dari Supermusic.

Deryck kemudian melanjutkan, “Perlu diingat bahwa susah sekali untuk tidak menaruh rasa terhadap semua yang sekarang sedang terjadi di dunia.”

Frontman dan vokalis Sum 41 itu juga mengemban tanggung jawab producer engineer sekaligus mixing engineer di album Order in Decline. Mereka menyebut, album ini akan menjadi album dengan sound terkeras mereka, jika dibandingkan keseluruhan diskografi mereka.

Sebagai catatan, Sum 41 adalah band yang berasal dari Ajax, Ontario, Kanada. Awalnya dibentuk oleh Deryck Whibley (vokal, gitar) dan Steve Jocz (drum) yang merupakan teman di bangku sekolah.

Nama Sum 41 dipilih karena band ini dibentuk 41 hari sebelum musim panas (summer). Setelah sempat berganti pemain bass, Jason McCaslin masuk di tahun 1999. Mereka merilis album pertama pada tahun 2000 yang berjudul Half Hour of Power di bawah label Island Record. [GP]

SHARE