Celana Kamuflase yang Jadi Pilihan Gaya Kekinian - Male Indonesia
Celana Kamuflase yang Jadi Pilihan Gaya Kekinian
MALE ID | Looks

Dalam dunia fashion, Anda pastinya mengetahui celana khaki dan chino. Keduanya merupakan item yang sering digunakan kaum adam untuk memaksimalkan penampilan.

celana khaki - Male Indonesia
Photo by Soroush Karimi on Unsplash

Jika sehari-hari Anda tak asing dengan celana khaki dan chino, lalu tahukah Anda bagaimana dua item tersebut hadir sebagai busana pria?

Seperti dilansir dari Urban Dictionary, khaki yang berasal dari bahasa Persia berarti debu atau warna tanah. Pada abad ke-19, tentara India dari daratan Inggris tiba di Pakistan dengan seragam berwarna merah cerah seperti piyama dan berbahan tebal.

Sementara tentara yang berasal dari warga setempat menggunakan blouse yang longgar dan lebih sejuk, tapi warnanya masih cenderung mencolok.

Henry Lawrence, gubernur setempat saat itu, tidak senang dengan seragam yang ia nilai tidak praktis itu. Warna mencolok pada seragam juga membuat mereka menjadi sasaran tembak yang empuk bagi lawan. Karena mudah ditemukan, ia butuh sebuah terobosan.

Henry lalu mengimpor kain berbahan kepar kapas (cotton twill) berwarna debu atau tanah dari Inggris untuk mengembangkan seragam yang praktis, nyaman, dan baik agar para tentara dapat berkamuflase di medan perang. Di sinilah, lahir seragam berwarna khaki.

Munculnya istilah chino
Saat tentara Amerika Serikat berada di Filipina pada perang Spanyol dan Amerika di tahun 1890-an, mereka mengadopsi seragam khaki dari Inggris.

Seragam mereka dibuat dan diimpor dari Cina, sehingga dalam bahasa Spanyol, seragam itu kerap disebut chino di Filipina.

Hampir sama seperti khaki, sebutan chino lambat laun kian melekat menjadi sebutan bagi jenis celana yang saat ini kita kenal.

Popularitas chino meroket setelah Perang Dunia ke-2, ketika banyak tentara Amerika Serikat yang pulang dan beraktivitas menggunakan celana chino. Itu turut berkontribusi besar pada lahirnya ivy league atau preppy style.

Khaki atau chino termasuk celana yang praktis, stylish, dan serbaguna untuk dipakai dalam berbagai konteks acara. Jika Anda bekerja di perusahaan rintisan teknologi, lingkungan kerja bersifat santai, atau mencari inspirasi untuk casual looks yang lebih smart, celana khaki atau chino bisa menjadi alternatif pengganti jeans. [GP]

SHARE