Menolak Halus Saat rekan kerja Minta Bantuan - Male Indonesia
Menolak Halus Saat rekan kerja Minta Bantuan
Gading Perkasa | Works

Sering sekali orang mengatakan bahwa dirinya sangat sibuk di saat ada rekan kerja yang meminta bantuan mereka. Bahkan mungkin Anda juga melakukannya di kantor. Walau kata-kata “saya sedang sibuk” sangat sesuai dengan kondisi yang Anda alami, ingatlah untuk tidak menggunakan kalimat itu lagi mulai sekarang. Apa pasal?

meminta bantuan-Male-Indonesia
Photo by Fox from Pexels

Perlu Anda ketahui, hanya dari tiga kata itu saja, hubungan Anda dengan rekan kerja di kantor bisa bermasalah. Tentu nantinya langkah Anda untuk mencapai kesuksesan juga terhalang jika suatu saat Anda dipromosikan naik jabatan di kantor.

Ditambah lagi, ternyata mayoritas orang sukses bahkan tidak menggunakan kata-kata ini untuk menolak saat rekan kerja meminta bantuannya. Alih-alih menolak secara langsung, mereka memakai teknik yang berbeda namun tetap aman untuk dirinya sendiri dan hubungannya dengan rekan kerja.

MALEnials ingin tahu apa saja yang mereka lakukan? Seperti dikutip dari CNBC, berikut tiga cara yang sebaiknya Anda terapkan ketika rekan kerja meminta bantuan. Yaitu:

Beritahu Mereka Apa yang Sedang Anda Kerjakan
Kalau rekan kerja di kantor meminta bantuan Anda, maka biarkanlah mereka untuk mengerti tugas apa yang sedang Anda kerjakan.

Memberitahu orang lain mengenai sesuatu yang telah Anda lakukan nantinya akan membuat mereka cenderung merasa canggung untuk memaksa dan mengerti jika saat ini Anda benar-benar tidak bisa diganggu.

Berkata Jujur dan Membantunya Sebisa Mungkin
Berusahalah untuk jujur pada mereka. Jika memang Anda memiliki kesempatan dan waktu luang, maka usahakanlah membantu mereka. Namun Anda juga jangan memaksakan diri. Berikan bantuan sebisa mungkin, sesuai kapasitas dan kemampuan Anda.

Mengatakan Iya Jika Situasi Benar-Benar Mendesak
Terkadang Anda tidak dapat memprediksi siapa saja yang akan meminta bantuan. Oleh karena itu, alangkah baiknya kenali terlebih dahulu siapa yang membutuhkan pertolongan Anda.

Jika memang orang tersebut benar-benar meminta tolong karena hanya Anda seorang yang bisa membantunya, maka lakukan.

Ketiga cara di atas bisa menjadi acuan bagi Anda dalam menghadapi rekan kerja yang meminta bantuan. Tapi ingat, jangan pernah Anda praktikkan jika yang memintanya berstatus sebagai atasan Anda. [GP]

SHARE