Bisa Chat Whatsapp Tanpa Harus Simpan Nomor Ponsel - Male Indonesia
Bisa Chat Whatsapp Tanpa Harus Simpan Nomor Ponsel
Gading Perkasa | Digital Life

Salah satu ‘kelemahan’ aplikasi Whatsapp adalah, Anda hanya dapat memulai obrolan dengan nomor yang sudah disimpan dalam kontak. Kecuali jika nomor yang tidak terdaftar di kontak menghubungi terlebih dahulu, Anda bisa berkirim pesan dengan mereka.


Photo: PxHere

Namun, ada beberapa cara untuk melewati batasan ini, salah satunya disediakan oleh aplikasi Whatsapp sendiri. Berikut tiga trik agar dapat mengirim pesan tanpa menyimpan nomor telepon yang dituju, seperti dikutip dari Android Police.

Gunakan tautan wa.me
Whatsapp menyediakan cara resmi untuk menghubungi nomor yang belum disimpan, hanya saja tidak ada di dalam aplikasi. Anda dapat memulai obrolan dengan nomor apa pun, caranya buka alamat https://wa.me. Disertai dengan bagian terakhir nomor telepon yang akan dihubungi, lengkap kode negara tanpa + atau -. Ketik di browser dan Anda akan mendapatkan halaman web di ikon Message. Contoh: https://wa.me/62817*****

 

Pakai Aplikasi Untuk Mempercepat
Jika metode di atas sedikit membingungkan atau lambat, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mempercepatnya. Beberapa aplikasi Android menggunakan tautan wa.me, tapi Anda tidak perlu mengetikkan URL atau melewati peramban web terlebih dahulu.

Cukup memasukkan nomor telepon, ketuk tombol, dan Anda dibawa ke obrolan yang baru dibuat di Whatsapp. Untuk mengirim pesan diperlukan sedikitnya 113 KB, tidak memiliki iklan, dan tidak memerlukan izin berbicara. Anda bisa mengetikkan wa.me di Google Play.

Text Selection and App Actions
Metode ketiga ini agaknya kurang dikenal. Namun inilah yang termudah, tercepat, dan terintegrasi dengan baik. Setiap kali Anda memiliki nomor telepon di aplikasi apa pun, Anda dapat memilih teks, dan memeriksa tindakan yang disarankan.

Intinya adalah call, cut, copy, dan paste. Jika Anda menekan tombol overflow (tiga titik), Anda bisa melihat lebih banyak opsi termasuk mengirim pesan Whatsapp. Cukup pilih itu dan obrolan akan dimulai. Sayangnya, cara ini baru ada di Android 9 Pie, pada perangkat yang terbatas (Pixels dan Android One).

Hal serupa juga terdapat pada ponsel lain seperti Huawei, Samsung, dan OnePlus, tapi tidak pada aplikasi Whatsapp. Integrasi ini diharapkan akan membuat jalan ke segala perangkat Android lain. Apalagi kalau Anda sering melakukan obrolan jangka pendek dengan orang yang tidak ada di kontak. [GP]

SHARE