Peregangan Terbaik Bagi yang Sering Duduk Seharian - Male Indonesia
Peregangan Terbaik Bagi yang Sering Duduk Seharian
MALE ID | Sport & Hobby

Buat Anda yang terbiasa duduk seharian untuk bekerja, tentunya akan membuat otot tubuh menjadi kaku dan aliran darah tak lancar. Akibatnya, tentu akan berdampak buruk pada tubuh dan kesehatan Anda. Cobalah beberapa gerakan peregangan untuk mencegahnya.

Peregangan  - Male Indonesia
Photo by Djordje Petrovic from Pexels

Luangkan waktu untuk melakukan peregangan. Kadang memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi ini penting agar tubuh Anda tetap sehat. Jeff Brannigan, Direktur Program Stretch melalui laman Mensjournal, berbagi tips peregangan terbaik bagi Anda yang kerap duduk sepanjang hari.

Peragangan Jempol
Ketika aktivitas Anda lebih banyak duduk. Anda akan kerap mengecek ponsel atau mengetik komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda. Hal terbaik untuk itu adalah meregangkan jempol-jempol Anda. "Luruskan tangan Anda ke depan, buka tangan dengan ibu jari mengarah ke langit-langit," kata Brannigan. 

Kemudian, kata dia, lipat jempol ke telapak tangan Anda, lalu bungkus jari-jari lainnya menjadi kepalan. Dengan tangan yang lain, bantu pergelangan tangan ke bawah dengan lembut, coba jatuhkan jari kelingking ke lantai. Setelah dua hingga tiga detik, kembali ke posisi awal dan ulangi.

Meregangkan Leher
Antara menatap komputer selama berjam-jam atau berjongkok dengan memainkan ponse ketika berada di perjalanan pagi Anda, leher Anda akan menanggung banyak beban.

Untuk lebih rileks, duduklah dengan punggung lurus. Dengan satu atau kedua tangan diletakkan di belakang kepala Anda, selipkan dagu Anda dan putar kepala Anda ke depan sampai dagu Anda bertemu dada Anda. Kemudian, tahan selama tiga detik dan naikkan kembali. Ulangi 10 kali setiap hari.

Meminimalisir Nyeri Pinggul dan Punggung
Apakah Anda kerap merasakan nyeri pinggul dan punggung?Duduk berjam-jam memang akan menyebabkan nyeri pinggul dan punggung. Untuk meregangkannya, Anda bisa melakukan peregangan dengan cara, merebahkan tubuh Anda dengan telentang, rentangkan kedua kaki selurus mungkin dan letakkan satu kaki ke tali. 

Lilitkan penyangga di sekeliling bagian luar pergelangan kaki Anda sehingga Anda memegang tali di bagian dalam kaki Anda, lalu putar kaki Anda ke luar. "Dengan bantuan tali, bawa kaki Anda ke atas dan melintasi garis tengah (lutut ke bahu yang berlawanan)," kata Brannigan. "Lalu tahan selama dua hingga tiga detik dan lepaskan. Lakukan ini 10 kali pada setiap kaki."

Tangan Dibalik Kepala Anda
Nyeri punggung bawah terlalu umum bagi orang-orang yang menghabiskan sepanjang hari dengan duduk di kantor, di mobil, dan di depan TV. Peregangan ini menargetkan rotasi lumbar dan merupakan keuntungan bagi nyeri punggung bawah.

Cara peregangannya, letakkan tangan Anda di belakang kepala. Jalin jari-jari Anda dengan siku keluar. Putar tubuh bagian atas Anda ke satu arah sampai Anda memelintir sejauh yang Anda bisa.

“Ketika Anda merasa kendur (setelah tiga atau empat kali pengulangan dalam satu arah), putar, tahan, lalu bawa siku Anda ke arah luar lutut sisi yang sama. Kembali ke posisi tegak," jelas Brannigan. Kerjakan satu sisi pada satu waktu, selesaikan semua pengulangan sebelum memulai dari sisi yang berlawanan.

Peregangan Hamstring
Tidak ada nama mewah untuk langkah ini yang membantu bagian tubuh pria yang selalu sakit. “Pria cenderung memiliki paha belakang yang benar-benar ketat dan lebih sering mengabaikannya daripada wanita. Selain fleksibilitas yang lebih baik, pergangan ini akan membantu meringankan sakit punggung,” tutur Brannigan.

Berbaring telentang di lantai atau di tempat tidur, ambil tali yoga atau handuk dan buat lingkaran dengan memegangnya di depan Anda dengan kedua tangan. Tempatkan kaki Anda di dalam. Kunci lutut sehingga kaki Anda lurus keluar. 

Dari pinggul Anda, gunakan otot-otot di bagian depan paha Anda, angkat kaki Anda sejauh yang Anda bisa. "Pegang ujung tali dengan kedua tangan dan 'naik' ke atas tali, tangan di atas, saat kaki Anda terangkat," kata Brannigan.

“Pertahankan sedikit ketegangan dan gunakan tali untuk bantuan lembut di akhir peregangan. Jangan tidak menarik kaki ke posisi atau Anda akan mengiritasi bagian belakang,” lanjutnya. Lakukan selama tiga detik secara masing-masing. *** (SS)

SHARE