Sudah Hobi, Ibnu Jamil Berbagi Tips Olahraga Lari - Male Indonesia
Sudah Hobi, Ibnu Jamil Berbagi Tips Olahraga Lari
Sopan Sopian | News

Olahraga lari sedang digandrungi banyak orang, termasuk aktor dan presenter Ibnu Jamil. Berbagai ajang lari, baik di dalam maupun luar negeri telah dia ikuti. 


Photo: Sopian/Male Indonesia

Ibnu Jamil menceritakan awal mula dirinya menyukai olahraga lari. Awalnya, ia hanya ingin mencari alternatif olahraga yang bisa ia lakukan sendiri. "Karena saya memang suka olahraga,” kata Ibnu Jamil.

Sebelum menemukan olahraga lari, Ibnu Jamil  menyukai olahraga permainan. Namun, ia menilai olahraga itu memiliki banyak ketergantungan, antara lain harus ada teman, lapangan, dan dana. Suatu hari ketika berada di luar negeri untuk membawakan acara olahraga, ia melihat adanya fasilitas yang mendukung olahraga lari di sepanjang pedestrian jalan. Hasratnya untuk mencoba olahraga lari pun timbul.

Melihat fasilitas itu, Ibnu menyadari bahwa lari merupakan olahraga yang simpel, tanpa perlu ketergantungan dengan banyak orang seperti pada olahraga permainan, serta aman untuk dilakukan, terlebih bila fasilitasnya memadai. Di situlah dirinya  merasa bahwa lari adalah olahraga yang tepat baginya.

Sepulang dari negara tersebut, Ibnu Jamil langsung merealisasikan keinginannya. Bermodalkan sepatu lari dan tekad yang kuat, ia mulai rutin melakukan aktivitas lari. Kawasan Gelora Bung Karno menjadi tempat favoritnya untuk berlari.

Seiring berjalannya waktu, Ibnu menjadi ketagihan melakukan olahraga lari. Di sela-sela kesibukannya, pria yang kini tampil dengan rambut gondrong itu tetap menyempatkan diri untuk berlari. Dalam sehari, dirinya paling tidak meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk menyalurkan hobinya itu.

"Kalau jadwal syuting ribet atau gimana, kalau lagi enggak sempat, saya tetap bawa sepatu lari di mobil. Kalau misalnya memang pulang syuting cepat, bisa lari dulu, atau pas dapat lokasinya enak saya bisa lari,” Kata dia. 
Photo: Sopian/Male Indonesia

Nah, bagi Anda yang ingin memulai olahraga lari, Ibu Jamil yang juga seorang presenter olahraga dan telah mendapatkan sembilan mendali untuk olahraga lari, ia berbagi tips untuk Anda.

1. Memilih Sepatu
Tips pertama untuk berlari dari Ibnu untuk memulai lari yang pertama kali adalah sepatunya. Pilih sepatu yang agak longgar dari ukuran kaki yang sesungguhnya. Jadi Anda harus memilih sepatu yang pas, sesuai dan nyaman, nyamannya tidak hanya saat dipakai, tapi juga nyaman saat dipakai lari juga.

2. Memiliki Motivasi
Ibnu memberitahu agar orang yang ingin lari tidak boleh memiliki motivasi yang tidak macam-macam seperti ingin mengecilkan perut atau melangsingkan badan. Ia menyarankan agar lari menjadi gaya hidup sehat yang terus dilakukan sampai usia senja, masalah perut rata dan langsing adalah bonus bagi Ibnu Jamil.

3. Jadikan Sesuatu yang Menyenangkan
Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga lari dengan jarak yang jauh akan menguras energi sangat banyak. Maka dari itu Ibnu menyarankan untuk menjadikan lari sebagai sesuatu yang menyenangkan yang membuat Anda kecanduan untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

4. Jangan Lansung Lari Jarak Jauh
Jika kamu mau mulai berlari Ibnu menyarankan jangan langsung memaksakan diri berlari dengan jarak yang jauh. Pahami betul kemampuan berlari Anda sampai sejauh mana agar menghindari risiko yang tidak diinginkan.

5. Jangan Kapok
Banyak orang yang kapok untuk berlari ketika dirinya baru mencoba olahraga lari pertama kali. Lakukan terus menerus, lawan rasa malas dan keinginan untuk tidak berlari lagi. Ketika berhasil melawan hal tersebut bukan tidak mungkin lari menjadi sebuah hobi yang sangat baik bagi kesehatan. *** (SS)

SHARE