Jelang Liburan, Ini Cara Mempersiapkan Keuangannya - Male Indonesia
Jelang Liburan, Ini Cara Mempersiapkan Keuangannya
Sopan Sopian | Relax

Tidak ada yang tidak suka liburan. Bahkan kalau pun ada yang tidak suka, orang tersebut tetap akan membutuhkan jatah liburan dari kesibukannya.


Photo by Chris Lawton on Unsplash

Liburan, meskipun hanya untuk sekedar menikmati jeda di tengah-tengah rutinitas harian, akan sangat bermanfaat dalam menyegarkan kembali pikiran. Namun, ada kalanya seseorang ingin menikmati liburan panjang, dan tentu akan membutuhkan biaya. Demi mempersiapkan keuangan menjelang liburan, coba terapkan cara ini dan mulai persiapkan dari sekarang.

Tetapkan Anggaran untuk Liburan
Bijaklah ketika menetapkan anggaran untuk liburan yang telah Anda rencanakan. Rencanakan dulu semua perjalanan Anda dan hal tersebut secara khusus akan membantu Anda menetapkan anggaran yang harus dimiliki selama perjalanan.

Mulai dari estimasi biaya transportasi, penginapan, makan, trip, oleh-oleh, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga menyiapkan dana darurat. Dengan begitu, Anda bisa membuat kondisi keuangan menjadi lebih terkendali di hari H nanti.

 
 

Kurangi Pengeluaran yang tidak Penting
Coba tinjau ulang rekening bank atau tagihan kartu kredit Anda. Untuk keperluan apa uang Anda lebih banyak dan sering terkuras? Cek lagi, apakah keperluan tersebut memang menjadi prioritas atau hanya dibutuhkan sesekali nyatanya Anda lakukan dengan sering?

Mengurangi konsumsi kopi di kafe-kafe mahal, misalnya, dapat membuat Anda berhemat dengan nilai yang signifikan. Ketimbang terus nongkrong di kafe mahal, lebih baik uangnya dijadikan anggaran untuk liburan, bukan? Sekecil apapun uang yang bisa Anda sisihkan akan sangat penting pengaruhnya terhadap anggaran liburan Anda.

Buat Daftar Kebutuhan dan Prioritaskan
Coba buat daftar kebutuhan dan urutkan berdasarkan tingkat kebutuhannya menjelang liburan, kemudan prioritaskan kebutuhan tersebut dengan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan tersebut terlebih dahulu.

Misalnya, bila Anda masih memerlukan backpack maka Anda harus memenuhinya dulu, atau kamera, dan lain sebagainya.

Catat Pengeluaran Anda Selama Liburan
Baik menggunakan Microsoft Excel atau Google Spreadsheet atau bunga akutansi tradisional, cobalah untuk mencatat pengeluaran selama Anda menjalani liburan.

Jangan remehkan pengeluaran kecil karena efeknya akan menjadi lebih besar bila rutin dilakukan, maka dari itu, jangan lewatkan pengeluaran kecil sekalipun dari catatan pengeluaran Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi untuk kebutuhan liburan mendatang. Anda juga bisa menjadikannya bahan rujukan untuk mengetahui berapa total pengeluaran selama liburan dan berapa sisanya dari anggaran liburan yang sebelumnya sudah ditentukan. *** (SS)

SHARE