Jangan Terlena, Liburan Anda harus Jaga Kesehatan - Male Indonesia
Jangan Terlena, Liburan Anda harus Jaga Kesehatan
Gading Perkasa | Sex & Health

Sering terjadi perubahan kebiasaan selama waktu libur, apalagi libur lebaran. Salah satunya yaitu pola makan. Biasanya, makanan di tempat wisata memiliki porsi yang lebih besar dan lebih banyak kandungan lemak, garam, serta kolesterol.


Photo by rawpixel.com from Pexels

Tanpa disadari, hal ini dapat mengubah pola makan yang sudah diterapkan sebelumnya, sehingga Anda sulit menjaga kesehatan saat libur lebaran.

Walau demikian, bukan berarti Anda tak dapat menikmati waktu berwisata tanpa memikirkan kesehatan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, mengutip dari Remedy Health Media:

Siapkan bekal
Jika perjalanan memakan waktu lama, usahakan tersedia makanan kecil dan air minum yang cukup untuk mencegah lapar berlebih dan dehidrasi.

Tidak melewatkan waktu makan
Meskipun tujuan liburan Anda membutuhkan waktu tempuh lama, sempatkan mengonsumsi makanan on time. Makan secara teratur wajib, karena pergi berlibur membutuhkan energi. Selain itu kelelahan dan rasa lapar berlebih dapat memicu pola makan tidak sehat selama liburan.

Makan di restoran satu hari sekali
Membawa bekal seperti roti gandum membantu menjaga konsumsi kalori saat berlibur. Konsumsi yang kaya protein dan serat diperlukan untuk mempertahankan energi dan menjauhkan keinginan makan saat berlibur.

Selain itu Anda juga dapat membeli buah yang mudah dimakan demi melengkapi menu makan dan pengganti camilan.

Kurangi konsumsi kafein
Perlu diingat, kafein dari kopi ataupun minuman berenergi tidak setara dengan energi yang diperoleh dari makanan dan istirahat cukup. Tubuh tetap memerlukan kalori dan istirahat guna menjaga metabolisme berfungsi dengan baik.

Anda pun tetap merasa lelah seusai efek dari kafein tidak lagi memberikan pengaruh pada tubuh.

Tidak mengonsumsi minuman berkalori
Pada umumnya, makanan di tempat wisata memiliki kadar kalori tinggi, sehingga Anda tidak lagi perlu kalori dari minuman. Demi menguranginya, pilih minuman seperti air mineral, teh, kopi, jus buah, dan minuman soda tanpa gula.

Hindari konsumsi alkohol karena mengandung sekitar 150 - 450 kalori, melewati batas kalori harian yang diperlukan.

Mengurangi porsi makan
Melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner otentik di tempat wisata tentu mustahil. Salah satu cara menyiasati hal ini adalah mengurangi porsi makanan.

Aktif bergerak selama berlibur
Dengan aktif bergerak, Anda akan merasa lebih bertenaga saat liburan dan dapat menyeimbangkan konsumsi tinggi kalori. Beraktivitas fisik seperti lebih banyak berjalan, terutama di pagi hari.

Mencukupi kebutuhan istirahat
Waktu tidur adalah hal utama dalam menjaga kesehatan selama libur lebaran. Kekurangan energi karena mengantuk menyebabkan Anda sulit menikmati waktu liburan dan memicu konsumsi makanan lebih banyak. [GP]

SHARE