Hilangkan Bau Mulut, Bukan Hanya Sikat Gigi - Male Indonesia
Hilangkan Bau Mulut, Bukan Hanya Sikat Gigi
Sopan Sopian | Looks

Tiap orang tentu ingin menghindari punya bau mulut yang tidak sedap. Bukan hanya membuat lawan bicara kurang nyaman, tapi bau mulut yang tidak sedap membuat Anda tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain.


Gambar oleh Szilárd Szabó dari Pixabay

Bukan tidak mungkin jika pembicaraan jadi kurang berkualitas karena bau mulut yang kurang sedap. Itu sebabnya, bau mulut yang tak sedap harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah lebih jauh lagi.

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, bau mulut yang tidak sedap atau halitosis biasanya berkaitan erat dengan kesehatan mulut Anda. Umumnya bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. 

Sisa makanan yang berada di dalam mulut terlalu lama akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Penyebab lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik. 

Gigi berlubang dan masalah pada gusi seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi sehingga mulut berbau tidak enak. Pakar kesehatan gigi dan mulut Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. memberikan lima tips ampuh agar mulut tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

Menyikat Lidah
Selain menyikat gigi, kita juga harus membersihkan lidah kita juga dengan cara menyikatnya hingga bersih karena permukaan lidah merupakan sarang bakteri-bakteri dari makanan yang kita makan.

Banyak Minum Air putih
Kurangi minum minuman yang dapat memacu dehidrasi, seperti yang mengandung banyak kaffein yang tinggi serta memiliki kadar gula yang tinggi. Sehingga dianjurkan mengganti minuman tersebut dengan memperbanyak minum air putih.

Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi yang Tepat
Memilih pasta gigi harus yang natural, mengandung daun sirih, garam dan jeruk nipis. Karena daun sirih dapat menghambat berkembangnya bakteri.

Garam akan menjaga kadar keasaman pada mulut sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jeruk nipis juga dapat menyegarkan mulut.

Konsumsi Makanan yang Merangsang Air Liur
Agar mulut tidak menjadi kering, konsumsilah makanan yang akan memicu air liur di dalam mulut kita. Makanlah makanan yang berserat seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Hindari makanan yang dapat merangsang rongga mulut kita, seperti makanan yang terlalu pedas atau terlalu asin.

Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari
Sikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari sangat dianjurkan, yaitu pada saat pagi hari, karena membantu membersihkan makanan yang tersisa dalam mulut kita sebelum memulai aktivitas, dan sebelum kita akan tidur pada malam hari. *** (SS)

SHARE