Husqvarna TE 300, Digemari Penikmat Enduro - Male Indonesia
Husqvarna TE 300, Digemari Penikmat Enduro
MALE ID | Sport & Hobby

Husqvarna mengikuti pameran otomotif IIMS 2019 bertempat di hall C, JI EXPO Kemayoran. Motor trail besutan Austria ini menjadi produk paling stabil di pasaran.


Photo: Gading Perkasa/Male Indonesia

Pasalnya selain build up, elektrifikasi mesinnya telah mengadopsi komputerisasi. Karena bermain di segmen hobi, Husqvarna menerapkan jam pemakaian dalam indikator speedometernya.

Hal itu yang membuat Husqvarna menjadi salah satu brand motor trail paling diminati di Indonesia. Walau secara historis telah diselamatkan oleh KTM sebagai induknya pada 2013, varian Husqvarna dan KTM memiliki spesifikasi dan kelas berbeda. Itu artinya Husqvarna sedikit kualitasnya lebih tinggi.

“Karakter mesin Husqvarna smooth di putaran mesin rendah, dan garang di putaran atas. Ini berbeda dengan KTM yang sudah garang dari putaran bawah hingga atas,” tutur Aan Ardianto dari Husqvarna - KTM Serpong dan Bintaro.

Husqvarna memiliki dua varian, yaitu FE dan TE. Varian TE menggunakan mesin 2-tak. Namun telah disempurnakan teknologinya dengan injeksi yang otomatis low emisi. Teknologi ini memisahkan oli samping dan oli mesin serta dilengkapi komputerisasi.

Melihat pasar di Indonesia, Aan menyebut bahwa varian TE300 ini paling diminati di Indonesia. “Tercatat, Husqvarna TE300 i menjadi paling laris,” ujar dia.

Sampai sekarang, Husqvarna masih merupakan produk asli Austria. Berbeda dengan merek KTM di bawah 400 cc, memanfaatkan perakitan di India.

Bila dibandingkan versi sebelumnya, Husqvarna TE300 i memiliki perbedaan cukup signifikan di sektor grafis, yang didominasi oleh warna putih dengan sedikit warna kuning serta logo Husqvarna biru tua.

Di luar itu, perbedaannya tak terlalu tampak. Sebut saja suspensi yang di-setting lebih keras. Motor generasi terbaru ini juga menggunakan baterai lithium-ion yang lebih kuat, lebih berkualitas, dan tentunya lebih reliable. Pada sektor dapur pacu masih menggunakan mesin berkapasitas 293 cc (72 x 72 mm), dengan transmisi 6-speed.

Dapat dikatakan TE300 i merupakan solusi yang diberikan oleh pihak pabrikan setelah ada banyak komplain mengenai baterai motor enduro model tahun 2018 yang dirasa kurang baik.

Bagi MALEnials yang ingin menggeber TE300 i, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam. Dari situs resmi Husqvarna, motor ini dibanderol seharga 9.950 Euro atau setara 157,4 juta rupiah. [GP]

SHARE