Masa Lalu, Sebabkan Pasangan Mudah Cemburu - Male Indonesia
Masa Lalu, Sebabkan Pasangan Mudah Cemburu
MALE ID | Relationships

Punya pasangan yang mudah cemburu dan senantiasa curiga terhadap setiap tingkah laku Anda pastinya tak menyenangkan. Biasanya, wanita yang bersifat demikian akan selalu mencari celah untuk mengetahui apa saja kegiatan Anda. Termasuk menyelidiki lewat teman dan keluarga Anda.


Photo by Fabio Scaletta from Pexels

Menghadapi pasangan yang mudah cemburu agaknya sulit, dan terkadang hal itu menjadi tantangan tersendiri dalam sebuah hubungan. Penelitian terbaru menyebutkan, cara pertama yang patut Anda coba terlebih dahulu yaitu melakukan penilaian terhadap diri sendiri.

“Sebelum Anda menghadapi pasangan yang mudah cemburu, Anda harus berbicara kepada pasangan terlebih dulu mengenai definisi dari cemburu itu sendiri,” ujar Joshua Klapow, psikolog klinis, sebagaimana dikutip dari Elite Daily.

“Anda perlu membicarakan apa yang telah mereka lakukan. Semakin spesifik topik yang Anda bicarakan dengan pasangan atau hal-hal apa saja untuk membuat pasangan merasa cemburu, maka itu jauh lebih baik,” ujarnya lagi.

Walaupun sikap pasangan yang gampang cemburu bikin Anda kurang nyaman, Nicole Richardson, terapis hubungan, mengatakan bahwa Anda harus sedikit bersabar dan tidak terlalu ofensif atau seolah menyerangnya.

“Terkadang cara terbaik menghadapi pasangan yang selalu cemburu adalah dengan mencari tahu penyebab mereka merasa cemburu, serta hal terburuk yang mereka pikirkan. Bukannya menghakimi mereka,” tutur Richardson.

Setelah Anda melakukan percakapan yang terbuka dengan pasangan, Anda dapat memancing si dia untuk mengungkapkan alasannya bersikap demikian dan sekaligus mengutarakan keinginan masing-masing.

Ditambahkan oleh Richardson, ketika pasangan Anda memiliki pengalaman buruk mengenai pria tidak setia di masa lalunya, mungkin itu bisa menjadi salah satu faktor yang membuat sikap mereka selalu cemburu atau tidak percaya pada Anda.

Mengetahui alasan pasangan selalu bersikap cemburu sangatlah penting. Menurut Susan Winter, pakar hubungan, “Jika pasangan Anda selalu merasa curiga dan tidak percaya, yakinkan mereka dengan menunjukkan kasih sayang kepada mereka.”

“Cobalah tanyakan pada mereka apa yang mereka butuhkan agar merasa percaya terhadap Anda. Dengan demikian, hubungan Anda pun akan berjalan lebih baik,” tutur Winter. [GP]

SHARE