Upaya Keras Andalan Manchester City Lawan Rasisme - Male Indonesia
Upaya Keras Andalan Manchester City Lawan Rasisme
MALE ID | Sport & Hobby

Aksi rasialis adalah perlakuan yang acap menghantam pemain sepak bola, salah satunya Raheem Sterling. Namun bukannya pasrah, Sterling justru melawan aksi tersebut.

Photo: wikimedia commons

Perlawanannya tak sia-sia. Pada acara yang diadakan BT Sport Industry Awards di London, Raheem Sterling diganjar penghargaan “The Integrity and Impact Award”.

Penghargaan itu diberikan atas usaha Sterling melawan aksi rasialis yang kerap ditujukan padanya saat berlaga. Ia tak segan mengkritik media Inggris yang senantiasa mengeluarkan pemberitaan memojokkan pemain kulit hitam. Ia menyuarakan agar para pelaku rasisme dihukum seberat-beratnya.

“Ketika generasi selanjutnya muncul, maka ada contoh yang harus Anda berikan. Di Liverpool, saya melihatnya di diri Steven Gerrard. Menghabiskan waktu bersamanya, saya berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk jadi pemain penuh dedikasi sepertinya,” kata Sterling seperti dilansir dari BBC.

“Yang bisa kita lakukan adalah hal-hal kecil secara rutin, mengembangkan diri di dalam dan di luar lapangan. Ini tentang pengalaman pribadi saya. Senang rasanya mengetahui orang-orang mendengarkan saya dan mencoba lebih baik,” katanya lagi.

Pelatih Timnas Inggris, Gary Southgate mengaku bangga atas komitmen Sterling sebagai petarung. “Saya sudah bekerja dengan Sterling sekitar lima tahun lamanya, dan saya bahagia melihat ia tumbuh jadi pemain dewasa seperti ini,” ujar Southgate.

“Ini adalah perkembangan secara pribadi dan pengakuan yang bisa ia dapat di luar lapangan. Pengaruh yang ia berikan di Britania Raya cukup kuat.”

Sepanjang kariernya, Sterling sering menerima aksi rasialis. Salah satunya laga melawan Chelsea di Stamford Bridge pada 2019, dimana ia mendapat ejekan bernada rasis dari suporter tuan rumah seiring kekalahan Chelsea 0-2 dari Manchester City.

Maret 2019, suporter Montenegro juga meledeknya dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020. Callum Hudson-Odoi dan Danny Rose menerima perlakuan serupa.

Namun, Sterling tak gentar. Ia pernah menulis surat kepada salah seorang suporter City yang mendapat aksi rasialis. Sterling meminta sang suporter untuk tetap kuat.

Sebagai catatan, Sterling juga pernah didapuk sebagai “Bintang Olahraga Britania Raya Ikonik” pada April 2019 dan didapuk sebagai “Sportsman of the Year” dalam ajang 2019 British Ethnic Diversity Sports Awards. [GP]

SHARE