Perjuangan Dr Dre Di Kancah Musik Hip Hop - Male Indonesia
Perjuangan Dr Dre Di Kancah Musik Hip Hop
Gading Perkasa | News

Nama Dr Dre sudah tak asing di kalangan pecinta musik hip hop. Pria bernama lengkap Andre Romelle Young ini adalah rapper sekaligus produser musik bagi beberapa musisi, salah satunya Snoop Dogg.


Photo: Jason Persse/flickr

Selain berkutat di scene hip hop, Dr Dre juga seorang pebisnis yang cukup diperhitungkan. Produk headphone miliknya telah mendunia dan mendominasi di kalangan kelas atas. Ia merilis headphone dengan brand Beats by Dre sejak Juli 2018 lalu.

Dulu, ia membentuk N.W.A bersama DJ Yella, serta mengajak rapper lain bergabung yaitu Ice Cube dan Eazy-E. Sehingga, grup rap ini membuahkan single pertama mereka pada 1987.

Usai memperoleh ketenaran, N.W.A justru terpecah. Mulai Ice Cube yang keluar pada 1989, dan disusul Dre dua tahun berselang. Dr Dre sendiri memantapkan dirinya sebagai produser musik hip hop pada label rekaman Ruthless Records.

Di tahun 1992, ia berpindah ke Death Row Records dan merilis album solo debutnya, The Chronic. Album itu cukup sukses, Dre berhasil menyabet penghargaan “Best Rap Solo Performance Grammy” untuk single berjudul Let Me Ride.

Berseteru dengan sang pemilik rekaman, Suge Knight, ia membuat label rekaman sendiri. Namun tak berhasil. Hingga akhirnya ia menangani Eminem yang lantas membuahkan album pada 1999. Eminem sukses mendobrak Billboard 200 dan menduduki peringkat ke-2 pasca ditangani Dre.

Pada 2001, Dre menjual sahamnya di Aftermath Entertainment ke Interscope Records dengan perkiraan 52 juta USD. Ia tetap produktif memproduseri album musisi lain. Namun, masalah ‘pembajakan’ menghancurkan penjualan CD.

Memutar otak, Dre mencari usaha lain. Tercetuslah ide untuk memulai bisnis di dunia headphone. Awalnya ia skeptis tentang pasar headphone premium, apalagi banyak perusahaan menawarkan headphone dengan harga terjangkau.

Pertengahan 2008, Dre nekat merilis produk yang disebut Beats By Dre. Ia bekerja sama dengan para pesohor guna memasarkan headphone, salah satunya pebasket LeBron James.

Ia dan rekannya sempat masuk ke perusahaan rekaman Universal Music Group dan memastikan headphone Beats dipakai semua video musik di sana.

Mei 2014, Apple mengajukan tawaran untuk Beats by Dre sebesar 3,2 miliar USD. Kesepakatan itu merupakan akuisisi terbesar dalam sejarah Apple. Oleh karenanya, wajar jika banyak orang lantas menyebut Dr Dre sebagai rapper paling sukses di dunia. [GP]

SHARE