Pemeriksaan Kesehatan yang Wajib Dilakukan Pria - Male Indonesia
Pemeriksaan Kesehatan yang Wajib Dilakukan Pria
Gading Perkasa | Sex & Health

Pemeriksaan kesehatan sangat penting bagi setiap orang, khususnya kaum adam. Pada beberapa kasus, agaknya sulit melihat tanda-tanda tertentu jika ada masalah di dalam tubuh Anda.

Photo by Pranidchakan Boonrom from Pexels

Bila Anda jarang melakukan pemeriksaan kesehatan, bisa jadi penyakit berbahaya mendera secara diam-diam. Anda pun terlambat menyadari adanya sebuah penyakit di dalam tubuh sampai kondisinya benar-benar sudah parah.

Oleh karena itu, sangat penting melakukan tes rutin untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuh. Sebagaimana dilansir dari laman Men’s Health, inilah lima pemeriksaan kesehatan yang wajib Anda ikuti, setidaknya sebelum usia Anda menginjak 40 tahun. Apa saja?

 
 

Pemeriksaan Kolesterol
Tes ini mengukur seberapa banyak jumlah kolesterol, baik HDL atau jenis baik, serta LDL atau jenis buruk dan sejenis lemak di dalam darah yang disebut trigliserida.

Jika kolesterol tinggi, berarti Anda memiliki jumlah plak yang tidak sehat di arteri. Kondisi itu dapat mengakibatkan penyumbatan pada arteri serta meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Pemeriksaan Tekanan Darah
Pemeriksaan tekanan darah sedikitnya antara 3 - 5 tahun sekali cukup penting. Tekanan darah tinggi yang didefinisikan sebagai 130/80 mm Hg atau lebih tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke bila terlambat ditangani.

Pemeriksaan Gula darah
Tidak semua pria di bawah usia 40 tahun perlu melewati proses screening untuk penyakit diabetes tipe 2.

Namun, jika indeks massa tubuh (BMI) Anda lebih besar dari 25 dan Anda memiliki setidaknya satu faktor risiko lain seperti kolesterol tinggi atau riwayat diabetes, Anda harus menjalani screening setiap tiga tahun.

Pemeriksaan Bola Mata
Pemeriksaan mata wajib Anda lakukan, sebab ini juga akan mengecek glaukoma, penyakit di mana tekanan yang terlalu tinggi pada mata dapat berujung kehilangan penglihatan.

Pemeriksaan Kanker Kulit
Menurut American Academy of Dermatology, pemeriksaan tahunan bisa membantu dokter kulit melihat pertumbuhan yang lebih dini, ketika itu lebih mudah untuk diobati.

Pemeriksaan rutin mungkin sangat penting jika Anda punya faktor risiko kanker kulit. Antara lain rambut berwarna merah, riwayat keluarga melanoma atau tahi lalat yang mencurigakan. [GP]

SHARE