Nasib Tragis Mengintai Pantai Eksotis Hawaii - Male Indonesia
Nasib Tragis Mengintai Pantai Eksotis Hawaii
MALE ID | Relax

Sebuah pantai di Kepulauan Hawaii terancam akan tenggelam. Itu merupakan akibat naiknya permukaan air laut yang disebabkan perubahan iklim dan pemanasan global.


Photo: PxHere

Mengutip dari Huffington Post, sejak beberapa tahun terakhir, para peneliti menemukan bahwa gelombang pasang air laut dalam intensitas tinggi dapat mengalir melewati Pantai Waikiki dan mencapai jalan, serta trotoar di sekitar jalan raya.

Laporan itu juga menyebut bahwa Kepulauan Hawaii kini menghadapi kenaikan permukaan laut setinggi 0,9 meter. Diramalkan, lebih dari enam ribu bangunan dan 20 ribu orang di seluruh Hawaii akan mengalami banjir dengan intensitas besar.

Selain itu, jalan raya, infrastruktur utilitas, dan pantai juga bakal hanyut. Sementara pelabuhan dan bandara berada pada kondisi yang rentan, karena berlokasi di dataran rendah.

 
 
Pemimpin penelitian, Tiffany Anderson dari Universitas Hawaii mengatakan, ia terkejut melihat peningkatan dramatis yang terjadi di kawasan Pantai Hawaii.

“Kami sudah lama mencurigai proses seperti erosi garis pantai, gelombang limpasan, dan genangan akan menjadi faktor tambahan peningkatan permukaan air laut di Hawaii,” ujar Anderson.

Selama ini, Pantai Waikiki merupakan destinasi wisata terpopuler sekaligus pantai ikonik di Honolulu. Namun karena meningginya air laut, bukan mustahil banyak bagian di Kepulauan Hawaii akan tenggelam.

Kemunculan Pantai Waikiki berawal dari area bermain anggota Kerajaan Hawaii. Mereka diketahui gemar berselancar di ombak sejak 1800-an.

Tradisi berselancar itu akhirnya melahirkan Pantai Waikiki sebagai daerah wisata ternama. Mulai dibangun akomodasi bagi peselancar dan pada tahun 1901, dibuka hotel besar pertama yaitu Moana Surfrider.

Hotel bersejarah lainnya adalah Royal Hawaiian Hotel. Daerah Pantai Waikiki yang tadinya diliputi rawa mulai ramai dikunjungi wisatawan. Hotel berbintang lima dibangun di bibir pantai berpasir putih dengan air berwarna biru jernih.

Selain berselancar ada kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sana. Misalnya bersantai di resor, belanja aksesoris, menikmati tarian hula, atau lomba perahu kano.

Tak jauh dari pantai tersebut juga berkembang destinasi wisata lain, di antaranya Pearl Harbor (pangkalan militer yang bersejarah dari Perang Dunia II), Lolani Palace atau istana kerajaan satu-satunya di Amerika Serikat, Hanauma Bay (lokasi snorkeling), Chinatown, dan masih banyak lagi. [GP]

SHARE