Bahaya Bagi Anda yang Suka Makan Sambil Berdiri - Male Indonesia
Bahaya Bagi Anda yang Suka Makan Sambil Berdiri
Sopan Sopian | Sex & Health

Seperti diketahui secara umum, fakta kebiasaan minum  sambil berdiri (apapun jenis air yang diminum) bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Ternyata, selain minum kebiasaan makan sambil berdiri juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.


Photo by Chris Benson on Unsplash

Makan sambil berdiri merupakan kebiasaan buruk yang umum dilakukan banyak orang. Khususnya, orang-orang dengan mobilitas tinggi. Atau mereka yang hanya memiliki sedikit waktu untuk bersantai. Makan sambil berjalan atau melakukan kegiatan lain dianggap efisien guna mempersingkat waktu. 

Selain itu, ada banyak acara formal yang mengusung konsep standing party, alias makan sambil berdiri. Menyantap makanan sambil berdiri dan bercengkerama bersama tamu undangan lainnya dirasa seru dan menyenangkan. Tapi Anda jangan terlena, melansir laman Boldsky, berikut ini bahaya makan sambil berdiri.

Luka Pada Lambung
Rasa perih pada bagian lambung dapat terjadi karena aktivitas sehari-hari yang kurang baik seperti makan sambil berdiri. Hal ini karena ketika seseorang mengkonsumsi makanan, tubuh perlu waktu untuk mencernanya dengan baik. 

Makanan yang disantap dengan tergesa-gesa akan mengalir secara tiba-tiba ke bagian lambung. Biasanya tidak merata dan menyebabkan luka pada dinding lambung. Butiran makanan yang belum dicerna secara sempurna jadi penyebab pemicu peradangannya.

 
 

Kegemukan
Makan sambal berdiri akan membuat seseorang mengkonsumsi makanan dengan jumlah lebih banyak tanpa mereka sadari. Hal ini disebabkan karena menyantap makanan sambil melakukan aktivitas lainnya akan membuat seseorang tidak memperhatikan berapa asupan kalori yang telah masuk ke dalam tubuh. 

Jika dilakukan secara terus-menerus akan menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Sebaiknya, luangkan sedikit waktu untuk menikmati makanan dengan baik. Duduk dan kunyah perlahan.  Kebiasaan ini akan membuat seseorang lebih memperhatikan dan menikmati apa saja makanan yang dikonsumsi. Selain terhindar dari gangguan pencernaan, hal ini juga akan membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan paling sering dialami oleh orang yang gemar menyantap makanan sambil berdiri. Gangguan ini disebabkan karena partikel makanan tidak dapat dipecah dengan baik dan tetap tertahan di dalam usus.  Hal ini yang kemudian menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut dan saluran pencernaan.

Asam lambung naik
Menyantap makanan sambil berdiri dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Bahkan jika makanan yang disantap adalah makanan pedas, asam lambung akan naik dan menyebabkan rasa panas. Ini dapat melukai saluran pencernaan. *** (SS)

SHARE