Tips Asik Wisata Air Terjun di Musim Hujan - Male Indonesia
Tips Asik Wisata Air Terjun di Musim Hujan
Sopan Sopian | Relax

Guyurannya yang deras hampir datang setiap hari, membuat liburan serasa kurang seru. Karena tak bisa dipungkiri, jika hujan sering kali menjadi momok tersendiri untuk para traveler yang ingin menyambangi lokasi wisata. Khususnya ke wisata alam air, seperti air terjun.

Photo by Talen de St. Croix on Unsplash

Musim hujan bukan berarti tidak boleh sama sekali untuk berkunjung ke objek wisata alam seperti air terjun. Kunjungan masih bisa dilakukan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berangkat Pagi Hari
Hujan biasanya turun pada siang atau sore hari ketika musim penghujan tiba. Oleh karena itu, kunjungan ke air terjun akan lebih baik jika dilakukan pagi hari ketika cuaca masih cerah.

Menikmati dan bermain air di air terjun di pagi hari juga lebih leluasa karena waktu masih panjang hingga memasuki siang. Jika kesiangan, maka kemungkinan langit langsung beberapa saat setelah sampai di air terjun.

Segera Menjauh dari Air Terjun Saat Hujan Turun
Ketika hujan turun, segera menuju ke tempat aman dan jauhi aliran air. Walaupun menggunakan jas hujan, bukan berarti Anda akan tetap aman di lokasi air terjun. Perhatikan tempat-tempat lain yang berbahaya dan berpotensi longsor.

 
 

Jangan Berenang
Saat hujan mulai turun usahakan jangan berenang. Meski aliran air nampak normal, ada kemungkinan hujan terjadi di daerah hulu sungai sehingga debit sungai akan meningkat dan aliran semakin deras. Jika Anda berenang, maka berisiko hanyut terbawa arus.

Lindungi Perangkat Elektronik
Bawalah tas plastik atau raincover berkualitas, agar perangkat elektronik yang dibawa tidak basah. Apa lagi saat turun hujan.

Pilih Air Terjun yang Aman
Pemilihan air terjun mana yang harus dikunjungi perlu diperhatikan. Lebih baik jika memilih air terjun yang aman, entah dari akses jalan atau kondisi umum air terjun itu sendiri. Salah satu contoh air terjun yang aman adalah jika akses jalan untuk sampai lokasi tidak perlu trekking melewati jalan setapak dengan tanjakan dan turunan terjal atau turunan.

Selain itu jika debit airnya tidak langsung meningkat drastis saat hujan lebat, air terjun semacam itu juga masih aman untuk dikunjungi saat musim hujan. Perhatikan pula pengelolaan di air terjun yang akan dituju. Air terjun yang telah dikelola dengan baik biasanya ada petugas jaga. Saat cuaca buruk, ia akan berjaga agar tidak ada wisatawan yang masuk.

Selain itu, petugas jaga juga akan menghimbau para wisatawan untuk segera meninggalkan lokasi air terjun saat kondisi cuaca memburuk. Wisatawan pun akan terhindar dari kemungkinan terburuk karena telah diantisipasi oleh pengelola air terjun.

Bawa Jas Hujan
Jas hujan menjadi bawaan yang wajib ketika berpergian di musim hujan. Ketika saat menikmati keindahan air terjun, jas hujan mungkin tifak akan dipakai, namun saat turun hujan jas hujan sangat membantu. *** (SS)

SHARE