Alasan Video YouTube Anda Sulit Ditemukan - Male Indonesia
Alasan Video YouTube Anda Sulit Ditemukan
Sopan Sopian | Digital Life

Tidak bisa dipungkiri, YouTube telah menjadi salah satu layanan streaming dan berbagi video paling populer di dunia. Ada ribuan bahkan puluhan ribu video yang diunggah setiap harinya ke platform ini. Banyak orang yang memanfaatkan YouTube untuk berbagai tujuan yakni untuk terkenal, hanya hobi, dan juga agar menghasilkan uang.


Photo by Szabo Viktor on Unsplash

Saat ini sudah ada banyak orang yang terkenal berkat YouTube, yang biasanya dikenal dengan sebutan youtuber atau artis youtube. Mereka juga mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari layanan berbagi video asal California ini.

Atas apa manfaat yang didapatkan itu, kini banyak orang yang ingin menjadi youtuber. Sayangnya ada beberapa permasalahan yang biasanya sering dialami youtuber pemula yaitu mereka sangat kesulitan untuk membuat videonya populer dan mendapatkan banyak viewer. 

Masalahnya adalah karena video mereka sulit ditemukan meskipun sudah mengetikan kalimat yang sama persis pada kolom pencarian YouTube. Sehingga hal itu dinilai membuat video tidak akan bisa ditonton oleh orang banyak. Sebenarnya ada beberapa alasan kuat yang memfaktori mengapa video Anda sulit ditemukan di YouTube.

 
 

Kurangnya Penggunaan Tag Pada Video
Penggunaan tag secara tepat rupanya penting untuk membuat video Anda dianggap lebih relevan. Tag pada YouTube sendiri biasanya berupa kata kunci deskriptif yang dapat ditambahkan ke video agar orang lain bisa menemukan konten Anda dengan mudah.

Oleh karena itu, sesudah memberikan judul dan deskripsi video, jangan lupa untuk menautkan tag yang tepat dan relevan dengan konten Anda. Contohnya jika konten Anda tentang teknologi, maka sebaiknya tautkan tag mengenai teknologi. 

Intinya gunakan tag yang sesuai dengan konten atau isi video. Fungsinya adalah agar video Anda kaya akan relevansi kata kunci, dan harapannya video bisa ditemukan orang lain dengan mudah.

Video Baru Diunggah
Penyebab utama yang membuat video Anda sulit ditemukan adalah karena video baru saja diunggah. Biasanya video baru diunggah memang belum bisa ditemukan meskipun Anda telah mencarinya dengan kalimat spesifik yang sama persis dengan judul video. 

Hal ini bisa jadi dikarenakan pihak YouTube masih meninjau apakah video bersangkutan layak atau tidak ditampilkan ke publik. Jika tergolong layak, maka video Anda cepat atau lambat bisa ditemukan di kolom pencarian. Umumnya membutuhkan waktu minimal 1×24 jam agar video bisa ditemukan dengan mudah.

Deskripsi
Alasan lain mengapa laman YouTube Anda sulit ditemukan adalah penjabaran deskripsi. Maka dari itu perlunya langkah memanfaatkan kolom deskripsi, tujuannya yakni agar video lebih teroptimasi. Anda bisa membuat deskripsi sebaik mungkin, setidaknya menceritakan apa yang ada di dalam video. Namun jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci dengan sewajarnya agar video tidak dianggap spam atau melanggar kebijakan. *** (SS)

SHARE