Persiapan Matang Menikmati Keindahan Labuan Bajo - Male Indonesia
Persiapan Matang Menikmati Keindahan Labuan Bajo
Sopan Sopian | Relax

Labuan Bajo kini menjadi salah satu destinasi yang semakin digemari oleh para penakluk alam. Panorama alam tempat ini memang tak diragukan lagi indahnya, tak pernah kalah jika disandingkan dengan apa yang dimiliki oleh Pulau Dewata dan Lombok. Kedua destinasi tersebut memang begitu ramai.


Image by rina agtiana from Pixabay

Jika Anda mencari destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan dengan balutan ketenangan, Labuan Bajo tempatnya. Didominasi oleh gugusan pulau dan perbukitan membuat hampir setiap destinasi wisata yang dimiliki Labuan Bajo harus dilalui dengan tenaga ekstra.

Gili Laba, misalnya, destinasi yang berupa perbukitan yang menawarkan indahnya pemandangan matahari terbenam dari ketinggian. Belum lagi Desa Wae Rebo yang menjadi desa wisata favorit wisatawan yang juga berlokasi di atas bukit. Maka dari itu, supaya perjalanan menjelajah alam tetap menyenangkan, coba ikuti tips ini.

Kenakan Sepatu Gunung atau Sepatu Khusus Trekking
Tidak sembarangan, Anda harus memperhatikan alas kaki yang kamu pakai kala bertualang ke Labuan Bajo. Agar Anda tetap nyaman mendaki, kenakan sepatu atau sandal yang memang didesain khusus untuk mendaki.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko outdoor. Desain khusus ini akan melindungi kaki kamu dari benturan atau hal-hal lain yang bisa membuat kaki cedera.

 
 

Bawa Pakaian Ganti Secukupnya
Kala mendaki, keringat pasti bercucuran. Tubuh basah dan lengket. Anda mungkin meninggalkan tas pakaian di penginapan, tapi jangan lupa untuk membawa satu atau dua potong kaus dalam tas yang akan Anda bawa bepergian.

Jadi, Anda bisa berganti baju jika memang sudah terasa tidak nyaman. Jangan memakai baju basah seharian, karena bisa membuat kamu masuk angin. Jangan lupa, bawa jaket.

Bawa Bekal, Terutama Air Minum
Jangan sampai Anda kelaparan atau kehausan ketika mendaki. Anda tidak tahu, bagaimana keadaan lokasi yang dituju. Gambaran dari pengunjung lain yang kamu baca di internet mungkin membantu, tapi selalu pikirkan kemungkinan terburuk.

Jadi, sediakan bekal dan air minum secukupnya. Anda mungkin bisa menahan lapar, tetapi tidak dengan rasa haus karena bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Terutama kalau Anda melakukan pendakian.

Jangan Lupa Peta Supaya Tidak Tersesat
Selanjutnya, bawa peta atau kompas sebagai penunjuk arah, tindakan antisipasi kalau-kalau Anda tersesat dan terpisah. 

Peta elektronik di ponsel mungkin membantu, tapi tetap berjaga dengan membawa kompas mungkin tidak salah. Di ketinggian, biasanya Anda akan sulit mendapatkan sinyal, dan keberadaan kompas akan sangat menolong. 

Obat-obatan dan Pertolongan Pertama
Obat-obatan dan peralatan pertolongan pertama. Dua hal ini sepele dan sering terlupakan, padahal perannya begitu besar untuk kamu yang sedang menjelajah alam.

Mungkin, Anda akan merasa sakit kepala, flu, atau maag kambuh kala bertualang. Bisa juga kaki, tangan, atau anggota tubuhmu yang lain mengalami luka. Jadi, siapkan obat-obatan ringan, tisu, kasa, dan perban dan masukkan dalam tas ransel Anda. *** (SS)

SHARE