Legenda, 5 Petinju Kelas Berat Terbaik di Dunia - Male Indonesia
Legenda, 5 Petinju Kelas Berat Terbaik di Dunia
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Sebagai salah satu olah raga keras, tinju adalah cabang tarung paling populer di dunia saat ini. Dua orang yang terlibat dalam kontes kekuatan, kecepatan, refleks, dan daya tahan, saling berebut gelar juara dengan melemparkan pukulan dari tangan yang bersarung, kepada lawannya di atas ring.

Pertandingan tinju yang pertama tercatat dalam sejarah adalah cerita-cerita perkelahian di antara bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir. Petinju terkenal pertama adalah seorang pria berkebangsaan Yunani, bernama Theagenes dari Thaos, yang menjadi juara Olympic Games 450 Masehi. 

Sebagai olah raga paling bersejarah dan populer sepanjang masa, sejumlah nama-nama besar pernah sedemikian digjayanya di dunia adu jotos ini. Untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut kiprah 5 petinju kelas berat yang disebut-sebut paling mentereng pada era-nya.

Muhammad Ali

Photo: Materialscientist/Wikipedia

Tak hanya sekadar pertarungan di atas ring, karier Muhammad Ali terbilang sangat dramatis dan dipenuhi dengan berbagai kontroversi. Ia menaklukkan nama-nama besar dunia seperti George Foreman, Leon Spinks, dan Joe Frazier dalam pertarungan-pertarungan tinju spektakuler yang akan selalu diingat sepanjang sejarah. Kemampuannya dalam mengalahkan lawan membuat Ali beberapa kali dinobatkan sebagai olah ragawan terbaik di abad ke-20.

 
 

Joe Louis


Photo: Materialscientist/Wikipedia

Tak hanya sekadar petinju, Joe Louis adalah sosok yang dianggap pahlawan bagi masyarakat Amerika setelah secara heroik berhasil mengalahkan petinju Jerman, Max Schmeling di ronde pertama. Ia berhasil menghancurkan stigma tak terkalahkan dari pasukan Nazi yang dipimpin oleh Hitler. Sejak saat itulah namanya dikenal sebagai "The Brown Bomber". Ia menjadi juara dunia kelas berat sejak 1937 hingga 1949, dan hampir semua pertarungannya selalu erat dengan unsur kepentingan politik Amerika Serikat.

Jack Johnson


Photo: Scewing/Wikipedia

Jack Johnson adalah petinju kulit hitam pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia. Memulai karirnya sejak akhir abad ke-19, petinju yang satu ini dianggap sebagai salah satu inspirasi terbesar bagi Muhammad Ali. Gaya bertarungnya yang tanpa ampun didukung dengan sifatnya yang sombong dan arogan, membuatnya menjadi salah satu petarung yang paling dibenci, namun juga ditakuti oleh lawan-lawan seprofesinya.

Larry Holmes


Photo: Surtsicna/Wikipedia

Holmes kali pertama menyabet gelar juara dunia adalah ketika ia meraih sabuk WBC lewat kemenangan angka atas Ken Norton pada 9 Juni 1978. Kemudian, pada 9 November 1984, ia mendapatkan gelar IBF, setelah menang TKO di ronde ke-12 dari 15 ronde yang direncanakan atas James Smith.

Mike Tyson


Photo: Flickr upload bot/Wikipedia

30 tahun sejak melakoni debutnya, Tyson masih mendapat predikat petinju paling punya daya ledak di atas ring. Kekuatan pukulan Tyson membuatnya sukses membuat 44 pukulan KO dari 50 kemenangan yang dia buat sepanjang karier. *** (SS)

SHARE