Kehidupan Sederhana Masa Lalu Raja Aktor, Andy Lau - Male Indonesia
Kehidupan Sederhana Masa Lalu Raja Aktor, Andy Lau
MALE ID | News

Andy Lau adalah sosok yang namanya beken nyaris di seluruh belahan dunia. karena memang ia sudah begitu lama terjun di dunia hiburan. Kemampuan akting dan action-nya bikin banyak orang terkesan.


Photo: Martin H/Wikipedia 

Sama seperti Jackie Chan, Andy Lau memang pantas disebut rajanya aktor Hong Kong. Tidak hanya itu, aktor senior ini juga tercatat dalam Guinness World Records sebagai artis pria dengan penghargaan terbanyak. Bayangkan, di tahun 2000 saja ia sudah memiliki sekitar 292 penghargaan.

Andy sendiri lahir di Hongkong pada tahun 1961. Dalam 30 tahun karirnya ia sudah membintangi 200 film lebih. Namun di tengah kesuksesannya sekarang, tidak banyak yang tahu tentang masa lalu Andy Lau yang terbilang kelam. Karena faktor ekonomi, menjadikan Andy dan sekeluarga hidup susah.

Saat masih kecil, Andy selalu bolak-balik mengisi air hingga delapan kali sehari, karena keluarga mereka tidak memiliki saluran air. Tapi, ia sama sekali tidak pernah mengeluh. Dan ternyata, sikap tersebut terbentuk tak lepas dari peran keluarga. 

Ayah Andy sendiri adalah seorang pemadam kebakaran. Mereka sekeluarga tinggal di rumah kayu kecil. Jadi tiap hari mereka harus berjaga-jaga jika rumahnya terjadi kebakaran. Sampai pada tahun 80-an, Andy mengikuti sebuah pelatihan di stasiun televisi TVB Hongkong. 

Namun proses yang ia alami tidaklah mudah. Karena saat itu Andy tidak mempunyai keahlian dan pengalaman dalam dunia hiburan. Berkali-kali ia mencoba berakting, namun hasilnya gagal. Karena tidak ada titik terang, saat itu ia ingin mencoba berganti haluan ke industri investasi. Namun lagi-lagi ia mengalami kegagalan dan kerugian dalam jumlah yang besar.

Ia meminta bantuan kepada teman-temannya namun tidak ada yang bersedia membantu. Sampai suatu hari ia bertemu dengan istri dari Charles Heung. Wanita itu meminjamkan uang sebanyak 700 juta kepada Andy untuk menutupi segala kerugiannya.

Bantuan itu membuat Andy terharu. Ia berjanji kepada istri Charles Heung, bahwa ia akan selalu melindunginya dan memiliki masa depan yang cerah. Sejak saat itu Andy kelur dan bangkit dari jurang kegagalan. Dan kini Andy berhasil membuktikannya, ia sekarang menjadi aktor terkaya di Asia.

Cita-Cita Masa Kecil Ingin Jadi Petani
Kendati kini telah menikmati kesuksesan, ternyata aktor film Mandarain itu mengaku bahwa saat kecil hanya punya cita-cita sebagai petani. 

"Ketika saya masih anak-anak, impian saya hanyalah ingin menjadi seorang petani, karena saya lahir dari keluarga petani tapi tidak pernah melakukan pekerjaan layaknya seorang petani," kata Andy seperti dilansir media di Tiongkok.

Karena impiannya masa kecilnya itu, Andy yang kini menjadi aktor justru merasa gagal mewujudkan cita-citanya. "Kesuksesan sangat sulit untuk dijelaskan," ucapnya.

Untuk mendeskripsikan bahwa keberhasilan meraih cita-cita itu tidak bisa diukur dengan kesuksesan meraih materi, Lau mencontohkan sebuah kontes dengan hadiah USD 50 ribu. 

"Ketika saya mengikuti suatu kontes bersama kalian dengan hadiah USD 50 ribu, saya menemukan fakta bahwa kalian jauh lebih memerlukan USD 50 ribu ketimbang saya pribadi. Akhirnya, saya kalah dan gagal dalam kompetisi, tapi Anda mendapat USD 50.000. Namun saya senang, karena Anda jauh lebih membutuhkannya," papar Andy. *** (SS)

SHARE