Tetap Aman Saat Ingin Melakukan Snorkeling di Laut - Male Indonesia
Tetap Aman Saat Ingin Melakukan Snorkeling di Laut
Gading Perkasa | Relax

Liburan ke pantai bukan hanya duduk sembari menyaksikan pemandangan saja. Anda justru bisa lebih dekat dengan alam lewat berbagai aktivitas seru, salah satunya snorkeling.


Photo: PxHere

Lewat aktivitas ini, Anda akan puas mengenal isi alam bawah laut. Mulai dari hewan laut yang aneh hingga terumbu karang menari-nari kala tersapu ombak. Namun sebagai aktivitas yang boleh dibilang ringan, banyak orang justru takut mencoba snorkeling. Bagaimana dengan diri Anda?

Buat Anda yang ingin melakukannya, kami telah merangkum lima tips aman snorkeling dari berbagai sumber. Antara lain:

 
 

Cermat Memilih Alat Selam
Snorkeling memang tidak melibatkan laut yang dalam. Namun, peran alat selam atau snorkel sangatlah penting. Pastikan bahwa Anda mengenakan alat selam yang kering agar penglihatan Anda di dalam air jelas. Perhatikan juga bagian selang untuk bernafas, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Kaki Katak yang Sesuai
Supaya Anda dapat leluasa bergerak di dalam air, kehadiran kaki katak atau fins tak boleh diabaikan. Dengan mengenakan alat tersebut, Anda dapat mengendalikan tubuh selama di air.

Yang patut Anda perhatikan, yakni ketersediaan ukuran dari kaki katak. Sebaiknya Anda mengenakan kaki katak yang sesuai nomor sepatu Anda.

Berlatih di Kolam Renang
Kalau Anda belum cukup yakin menghadapi lautan lepas, Anda bisa berlatih di kolam renang terlebih dahulu. Mulai dari latihan mengatur pernapasan hingga cara bergerak di dasar laut. Anda harus dapat ‘tenggelam’ saat berada di dasar untuk mengurangi rasa panik.

Cek Kondisi Ombak
Demi keselamatan dan kenyamanan, pastikan aktivitas snorkeling dilakukan dalam kondisi ombak yang tenang. Selain arusnya lebih mudah diatasi, Anda pun akan lebih jelas melihat isi bawah laut. Jadi, cek terus kondisi ombak di lautan. Jangan sampai debut snorkeling Anda tak bisa dinikmati.

Mematuhi Aturan dari Petugas
Berbagai spot untuk snorkeling pasti menyediakan petugas lapangan yang siap memandu wisatawan. Agar liburan tetap aman, nyaman dan alam sekitar terjaga, patuhi setiap aturan yang telah ditetapkan. Salah satu hal yang sering ditegaskan adalah larangan untuk menginjak terumbu karang di bawah laut. [GP]

SHARE