Destinasi di Kota Mumbai yang Terlupakan - Male Indonesia
Destinasi di Kota Mumbai yang Terlupakan
MALE ID | Relax

Kota Mumbai merupakan salah satu kota terpadat di India. Saking padatnya, banyak orang seolah enggan berkunjung ke sana dan menganggap kota ini kurang menarik untuk dijadikan destinasi wisata.


Photo: PxHere

Kendati tak kaya budaya seperti kota lain di India, Mumbai tetap memiliki keunikan sendiri yang sayang dilewatkan. Pasalnya, kota ini menawarkan keindahan dan keanekaragaman budaya.

Di masa lampau, kota Mumbai sempat berjaya karena menjadi pelabuhan tempat kapal para pedagang bersandar. Kini, Mumbai juga dikenal karena industri filmnya, yaitu film Bollywood.

Sedikitnya, ada tiga spot yang harus Anda datangi saat berkunjung ke kota Mumbai. Antara lain:

Taj Mahal Palace
Taj Mahal Palace merupakan salah satu landmark ternama di Mumbai. Berlokasi di tepi Perairan Cobala, gedung hotel ini berada tak jauh dari Gateway of India yang penuh sejarah dengan kisah heroik dan sekaligus tragis.

Kisah itu kemudian diangkat dalam berbagai film, salah satunya karya sutradara Anthony Marras berjudul Hotel Mumbai yang dirilis pada April 2019 lalu.

Dibangun pada tahun 1902, Taj Mahal Palace sudah sering didatangi oleh tokoh-tokoh penting dunia untuk menginap. Mulai dari Barack Obama, Pangeran Charles, Margareth Thatcher, Angelina Jolie, Brad Pitt, personel The Beatles, dan Tom Cruise.

Gateway of India
Gateway of India atau Gerbang India adalah monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang kunjungan Raja George V dan Ratu Mary ke Kota Mumbai pada tahun 1911. Dirancang oleh arsitek Skotlandia bernama George Wittet, Gateway of India terinspirasi dari pengaruh Islam, India, dan Romawi.

Monumen ini bukan hanya sebatas monumen peringatan keluarga Kerajaan Inggris semata, melainkan juga menandai berakhirnya Pemerintahan Inggris saat India merdeka pada tahun 1947.

Menariknya, di sekitar monumen sering diadakan pertunjukan sirkus dan pedagang yang menambah semarak kota Mumbai. Lokasinya yang berada di tepi Perairan Colaba membuat Anda dapat menyaksikan langsung aktivitas penduduk lokal dan potongan otentik menakjubkan Negeri India.

Kawasan Colaba Causeway
Sepintas, Colaba Causeway terlihat kurang menarik layaknya destinasi wisata pada umumnya. Namun bila Anda suka keramahan penduduk setempat, Colaba Causeway wajib Anda kunjungi.

Di masa lalu, Colaba di ujung selatan Mumbai dinyatakan sebagai daerah kanton, yaitu area yang melarang warga sipil melakukan pembangunan. Namun, Colaba tumbuh pesat, bahkan menyebabkan kematian penduduk akibat terbaliknya kapal yang padat.

Kini, Colaba Causeway dipenuhi kafe, bar, restoran, dan pedagang yang berjualan cindera mata dengan harga terjangkau. Barang-barang antik, galeri seni, museum, serta perumahan kolonial Parsi yang dibangun pada tahun 1934 pun ada di sini. [GP]

SHARE