Alex Rins Digadang Bakal Menjadi Legenda MotoGP - Male Indonesia
Alex Rins Digadang Bakal Menjadi Legenda MotoGP
MALE ID | Sport & Hobby

Carlo Pernat, pengamat MotoGP menilai bahwa pebalap Alex Rins bakal bersinar bersama timnya, Suzuki. Bahkan, Rins digadang bakal menjadi legenda seperti pendahulunya di Suzuki, Kevin Schwantz.


Photo: Suzuki Racing

“Suzuki kembali ke eranya bersama Kevin Schwantz,” ucap Carlo Pernat menilai Alex Rins, seperti dilansir dari GPOne.

Sebagai catatan, Kevin Schwantz adalah pebalap asal Texas, Amerika Serikat yang dulu aktif di kelas 500 cc, kasta tertinggi sebelum MotoGP hadir.

Dari tahun 1986 hingga 1995, ia berhasil meraih kejayaan. Gelar juara dunia pun dipersembahkannya untuk tim Lucky Strike Suzuki pada tahun 1993, dengan Suzuki RGV 500 bernomor 34, kuda besi kesayangannya.

Kini, predikat suksesor Schwantz disematkan Pernat kepada Alex Rins. Salah satu pemicunya adalah kemenangan Rins di Circuit of The Americas dalam gelaran GP Amerika Serikat 2019.

Bukan cuma mengungguli Valentino Rossi (Yamaha), Rins sekaligus menorehkan kemenangan perdananya di ajang MotoGP. Catatan bersejarah pebalap asal Spanyol ini juga berlaku untuk timnya.

Lewat Rins, Suzuki mencatatkan kemenangan pertama dalam kelas premier di Amerika Serikat --hasil yang bahkan tidak pernah dicapai Schwantz, rider asal Negeri Paman Sam.

Rins jugalah yang memuaskan dahaga Suzuki. Sebab kemenangan terakhir tim ini diperoleh pada 2016 oleh Maverick Vinales di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Menurut Pernat, Alex Rins mampu mengimbangi kehebatan ‘The Doctor’, yang terbukti masih menjadi rider terbaik Yamaha.

“Rins memberikan langkah besar bagi tim yang tidak punya dana besar seperti Honda dan Yamaha. Jadi, Suzuki kembali ke eranya Schwantz. Ketika race penting menjadi momentum kesuksesan tim,” ujar Pernat mengutip GPOne.

Kendati balapan di Austin diwarnai insiden jatuhnya Marc Marquez, kemenangan Alex Rins tak dapat disepelekan begitu saja. Sebab, penampilannya dibekali catatan gemilang sejak akhir musim 2018 lalu.

Ia enam kali finish di lima teratas sejak GP Misano hingga seri terakhir di Valencia, tiga di antaranya adalah podium.

Total, Rins menyegel lima podium sepanjang GP 2018 dan berhak mengamankan peringkat lima di klasemen akhir dengan 169 poin. Ia mengalahkan rider utama Suzuki kala itu, Andrea Iannone, yang finish ke-10.

Oleh karenanya, Suzuki secara resmi menyebut Rins sebagai kapten tim, bukan kepada Iannone atau Vinales. [GP]

SHARE