Bo-taoshi, Olahraga Unik dari Negeri Sakura - Male Indonesia
Bo-taoshi, Olahraga Unik dari Negeri Sakura
MALE ID | Sport & Hobby

Olahraga adalah salah satu hal yang mungkin dilakuakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan manfaatnya yang baik bagi tubuh demi menjaga kesehatan. 


Photo by Opencooper on Wikipedia

Namun, tahukah Anda jika di dunia ini menyimpan banyak sekali olehraga yang mungkin tak Anda ketahui, salah satunya dari Jepang. Mungkin olahraga yang paling menarik adalah olahraga Sumo-nya, yang sudah menjadi budaya dan ciri khas olahraga Jepang.

Selain Sumo rupanya ada olahraga lain yang tak kalah unik, yakni olahraga yang disebut Bo-Taoshi. Dalam bahasa Indonesia, Bo-Taoshi diartikan sebagai tiang tumbang atau merobohkan tiang.

Sepintas terlihat mirip dengan panjat pinang tapi dalam pelaksanaannya permainan ini lebih mirip dengan permainan benteng. Olahraga ini berjalan dengan dua tim yang terdiri dari 75 orang yang saling melawan satu sama lain. 

Setiap tim dibagi menjadi 75 penyerang dan 75 pembela sementara satu pemain yang disebut “Ninja” duduk di atas tiang, membela tiang itu dengan segala cara. 

Pemenangnya ditentukan ketika mereka mampu merobohkan tiang milik tim lain di bawah sudut 30 derajat. Agar suatu tim dapat mencapai prestasi ini, pada dasarnya tidak ada yang dilarang. Para pemain melawan dan menendang satu sama lain, melakukan apa pun yang mereka bisa untuk merobohkan tiang. 

Untungnya, sepatu tidak diperbolehkan dalam olahraga ini. Permainan ini tampak kacau bagi mata yang tidak terlatih, setiap pemain memiliki peran tertentu. Tak perlu dikatakan, itu cukup untuk tontonan, jika Anda belum pernah menyaksikannya sebelumnya.

Sejarah dan tradisi Bo-taoshi diselimuti misteri, dengan banyak aspek dari asalnya sebagai topik perdebatan hampir sama sengitnya dengan olahraga itu sendiri. Diperkirakan bahwa olahraga ini pertama kali dimainkan di 1945 oleh milisi Jepang, sebagai cara mempersiapkan mereka untuk bertempur dalam periode penuh gejolak bagi negara. 

Ini akan menjelaskan mengapa kadet-kadet baru Akademi Pertahanan Nasional Jepang memainkan pertarungan Bo-taoshi sebagai bagian dari upacara induksi tahunan yang terkenal. Luar biasa, remaja juga bermain olahraga pada acara-acara khusus, seperti hari-hari olahraga dan hari libur budaya. *** (SS)

SHARE