Tanpa Lemak & Kolesterol, Ini Manfaat Buah Srikaya - Male Indonesia
Tanpa Lemak & Kolesterol, Ini Manfaat Buah Srikaya
Gading Perkasa | Sex & Health

Buah srikaya tergolong sebagai buah eksotis yang memiliki beragam manfaat serta nutrisi penting. Dengan nama ilmiah annona reticulata, buah ini berasal dari dataran Amerika Serikat. Dagingnya berwarna putih dan tekstur yang lembut. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi biji hitamnya lantaran dianggap berbahaya.


Public Domain Pictures

Mengutip dari Organic Facts, selain kandungan nutrisi, buah srikaya tinggi akan vitamin C dan B6, kalsium, magnesium, serta zat besi. Tidak ada lemak atau kolesterol pada srikaya. Sebagian besar kalori berasal dari karbohidrat.

Belum lagi buah berasa manis yang agak tajam ini mempunyai kandungan antioksidan dari senyawa polifenol di dalamnya. Lalu, apa saja manfaat buah srikaya untuk kesehatan? Simak ulasan berikut.

 
 

Meningkatkan Kekuatan Rambut
Teratur mengonsumsi srikaya dapat meningkatkan kekuatan rambut. Ditambah kandungan vitamin C sangat diperlukan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe.

Bagus untuk Mata
Beta-karoten ditemukan di dalam buah. Dikolaborasikan beragam nutrisi dan antioksidan di dalamnya, beta-karoten akan membantu meningkatkan penglihatan.

Selain itu, buah srikaya juga dipercaya mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan memperlambat kemajuan katarak seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sebagaimana telah disebutkan di atas, buah ini kaya kandungan vitamin C. Konsumsi Srikaya merupakan langkah awal bagi terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin C juga membantu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan garis pertahanan pertama untuk sistem imun.

Kesehatan Kulit

Ada banyak senyawa polifenol bersifat antioksidan di dalam srikaya. Kandungan ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik hitam, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Mencegah Artritis
Studi menemukan, sifat anti-inflamasi yang ditemukan pada srikaya bisa meredakan rasa sakit di area persendian. Selain itu juga srikaya dipercaya ampuh mengurangi peradangan pada usus.

Melawan Penyakit Kanker
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports menemukan potensi anti-kanker pada srikaya setelah serangkaian penelitian terhadap hewan. Terungkap bahwa srikaya dapat dikembangkan untuk pencegahan pada orang yang memiliki risiko kanker prostat tinggi.

Kendati demikian, uji klinis sifat anti-kanker srikaya masih memerlukan eksplorasi lebih lanjut. [GP]

SHARE