Akhir dari Kisah Blackberry Messenger - Male Indonesia
Akhir dari Kisah Blackberry Messenger
Kontributor | Digital Life

Aplikasi Blackberry Messenger yang sempat terkenal pada tahun 2000-an ini bernaung dibawah PT.Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK). Mengabarkan pemberhentian terhadap Blackberry Messenger pada tanggal 31 Mei 2019.

Blackberry Mesengger - Male Indonesia
Image by user1462590383 from Pixabay

Aplikasi yang sempat populer pada tahun 2000-an ini, mengabarkan akan menghentikan operasinya pada tanggal 31 Mei 2019 melalui pemberitahuan di aplikasi Blackberry Messenger dan blog resmi dari Blackberry Messenger.

Seperti dikutip dari situs resmi Blackberry Messengger, perubahan besar dalam tiga tahun yang lalu memungkinkan pengguna bukan hanya untuk bertukar pesan, berbagi cerita akan tetapi dapat menikmati berbagai konten bahkan membayar aneka tagihan.

Akan tetapi ambisi yang dijalankan oleh pihak Blackberry Messenger untuk menghadirkan lintas platform ini kurang untuk mendongkrak kenaikan pengguna aktif yang telah berpindah pada platform lainnya. Sedangkan pihak Blackberry mengatakan sulit untuk menarik pengguna baru.

Blackberry messenger juga memberitahukan jika anda pengguna Blackberry Messenger anda dapat mengunduh informasi baik itu foto, dokumen, dan video yang disimpan di server Blackberry Messenger dan jika tidak diunduh dalam 7 hari setelah Blackberry Messenger ditutup, semuanya akan dihapus.

Platform yang sempat populer ini sempat memiliki pengguna yang sangat besar pada era tahun 2000-an, seiring berjalannya waktu platform serupa bermunculan dan membuat Blackberry Messenger kehilangan pengguna aktif yang cukup drastis pada tahun 2016.

Blackberry-Male-Indonesiablog.bbm.com

Penutupan Blackberry Messenger tetap akan merahasiakan data-data pengguna sehingga pengguna tidak akan perlu khawatir akan data-data yang telah disimpan selama menggunakan Blackberry Messenger. Akan tetapi penghapusan data dari infrastruktur cloud akan memakan waktu hingga 180 hari lamanya.

Memang industri teknologi sangatlah dinamis, perpindahan platfrom pada pengguna sangat tidak bisa dipungkiri sehingga dampak yang dirasakan oleh Blackberry Messenger sangatlah besar hingga pada akhirnya harus menutup operasi Blackberry Messenger.

Dalam blog resminya Blackberry Messenger mengatakan Time To Say Goodbye dan mengharapkan para pengguna tidak akan pernah melupakan memori indah bersama Blackberry Messenger yang telah membentuk masa depan platform pesan instan hingga saat ini.

Kenangan apa yang anda ingat selama menggunakan Blackberry Messenger ? (YS)

SHARE