Kebiasaan yang Bisa Menjaga Keamanan Internet Anda - Male Indonesia
Kebiasaan yang Bisa Menjaga Keamanan Internet Anda
MALE ID | Digital Life

Internet memang membuat semuanya menjadi lebih mudah, terutama dalam mencari informasi dan berkomunikasi. Namun ketika isu keamanan online atau online security mulai menjadi topik pembicaraan di mana-mana, banyak orang yang menjadi takut untuk melakukan banyak hal di internet.

Internet-Male Indonesiapexels.com

Ya, memang, internet menjadi tempat yang berbahaya jika tidak tahu cara mengamankan diri. Karena banyak pihak-pihak yang berusaha mengincar para pengguna internet. Karena itulah pentingnya dalam menjaga keamanan internet untuk menjaga privacy Anda. Jangan sampai disalahgunakan pihak-pihak yang berbuat jahat.

Demi menyelamatkan privasi Anda. Selain dukungan dari teknologi privasi itu sendiri. Kebiasaan Anda juga perlu diubah ketika berselancar di internet. Berikut ini kebiasaan yang bisa menjaga keamanan internet Anda.

Jangan Sembarang Login
Jangan sembarang login email maupun media sosial di sembarang komputer atau perangkat yang tidak Anda kenal. Anda tidak tahu apa yang ada di dalam komputer tersebut. Perhatikan juga halaman login tersebut, apakah benar asli dan meyakinkan? Bukan halaman login palsu yang dibuat untuk menjebak.

Private Browsing atau Incognito Mode
Jika harus login di perangkat yang bukan milik Anda, Anda bisa memanfaatkan mode private atau incognito mode di browser yang Anda pakai. Hampir semua browser telah mendukung mode private atau incognito. Dengan mode ini, browser dan komputer tidak akan menyimpan apa yang kamu lakukan selama browsing.

Membuat Password yang Kuat
Pertahanan pertama dari email dan media sosial Anda adalah password. Buatlah password yang susah untuk ditebak, dan jangan pakai password yang pasaran. Anda bisa membuat password dengan menggunakan kombinasi angka, huruf kapital, dan simbol. Namun usahakan untuk tetap mudah diingat.

Tidak Sembarangan Beri Izin
Ketika mengakses internet, beberapa situs akan meminta izin untuk melakukan sesuatu. Dari minta akses cookie, push notifikasi, hingga dan masih banyak lainnya. Permintaan izin seperti ini, biasanya disertai dengan term and condition alias kesepakatan sebelumnya. Anda bisa membacanya dulu dan mempelajarinya sebelum menyetujui.

Aktivasi Otentifikasi Dua Faktor
Beberapa media sosial dan layanan online sekarang sudah menerapkan otentifikasi dua faktor. Apa itu Otentifikasi dua faktor? Selain Anda login dengan username dan password, Anda juga diminta untuk memasukkan kode keamanan yang dikirimkan ke kamu. Bisa lewat email ataupun SMS.

Jangan Lupa Logout
Setelah login dan selesai, jangan lupa untuk logout. Terutama ketika Anda login email atau media sosial di perangkat yang bukan milik Anda. Ketika Anda lupa untuk logout, bisa jadi email atau akun media sosial milik Anda masih terbuka di tempat tersebut. Bisa jadi dimanfaatkan orang lain. *** (SS)

SHARE