Mual Ketika Berolahraga, Hilangkan dengan Cara ini - Male Indonesia
Mual Ketika Berolahraga, Hilangkan dengan Cara ini
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Melakukan olahraga, merupakan hal baik untuk dilakukan, terutama untuk menjaga kesehatan, sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan keuntungan lainnya yang akan di dapat. 

Mual-Male-IndonesiaImage by ZOE-Animation-Studio from Pixabay

Untuk melakukan olahraga, tentunya harus dilakukan dengan cara yang tepat agar mendapatkan hasil yang baik. Jika melakukan olahraga dengan cara yang kurang tepat, maka bukan kesehatan yang di dapat, malah tubuh menjadi sakit. Selian itu, bagi mereka yang tidak mematuhi aturan berolahraga malah merasakan mual baik saat awal atau setelahnya. 

Pada dasarnya terjadinya mual disaat melakukan olahraga, yakni kekurangan cairan atau dalam kondisi perut kekenyangan. Di saat melakukan olahraga maka otot yang melakukan repetisi gerakan olahraga memerlukan asupan oksigen yang banyak lewat peredaran darah dengan intensitas yang dibutuhkan. 

Ketika hal tersebut terjadi makan fungsi lain seperti pencernaan akan sedikit terabaikan, dan tubuh memfokuskan aliran darah yang banyak ke otot. Banyak sekali penyebab terjadinya mual di saat melakukan olahraga, ya, salah satunya seperti yang telah di sampaikan, namun ada beberapa hal lain yang harus di perhatikan lainnya seperti pencegahan terjadinya rasa mual ini.

Lakukan Pemanasan
Lakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan olahraga. Ketika seseorang melakukan olahraga tanpa melakukan pemanasan sebelumnya, maka otot tubuh akan mengalami stress, karena melakukan pergerakan secara mendadak. Manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga, sebenarnya untuk mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktifitas berat, sehingga otot tubuh siap untuk melakukan aktifitas tersebut.

 
 

Pendinginan Setelah Olahraga
Melakukan pendinginan setelah berolahraga adalah salah satu pencegahan timbulnya rasa mual. Ketika tubuh melakukan olahraga maka suhu badan akan meningkat seiring dengan detak jantung.

Ketika melakukan olahraga secara mendadak dan tidak melakukan pendingin maka berpeluang besar akan merasa pusing atau mual. Pendinginan itu sendiri untuk memberikan persiapan terhadap tubuh agar kembali ke kondisi normal dengan bertahap.

Air Putih yang Mencukupi
Cukupi air putih dan sediakan ketika melakukan olahraga agar disaat tubuh memerlukan cairan, maka akan dengan mudah tercukupi, sehingga hal itu juga tidak terjadi dehidrasi. Disaat tubuh dehidrasi, maka akan membuat kepala pusing.

Hindari Terlalu Cepat Mengubah Posisi
Jangan terlalu cepat mengubah posisi. Dengan cepatnya mengubah posisi tertentu, misalkan dari duduk ke berdiri secara cepat, maka memiliki peluang besar terjadinya rasa mual, karena dapat mengkibatkan menurunnya secara cepat tekanan darah.

Hindari Makanan Berkarbohidrat
Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula secara berlebihan. Karbohidrat dan gula sendiri memiliki manfaat yang dapat membantu memberikan energi di saat melakukan olahraga, namun untuk mencernanya memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Untuk mendapatkan energi dari karbohidrat dan gula bisa dengan megnkonsumsi pisang dan sepotong roti, dan sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk melakukan olahraga. *** (SS)

SHARE