Pemain Handal Liverpool yang Ahli di Semua Posisi - Male Indonesia
Pemain Handal Liverpool yang Ahli di Semua Posisi
MALE ID | Sport & Hobby

Akhir-akhir ini nama Roberto Firmino kerap mendapat sorotan penggemar Liga Inggris. Bersama Sadio Mane dan Mohamed Salah, ia sukses mengantarkan klubnya, Liverpool bertengger di puncak klasemen.


wikimedia commons

Namun tak banyak orang tahu, bahwa selain bermain sebagai penyerang tengah, Roberto Firmino rupanya pernah bermain di beberapa posisi berbeda.

Hal itu sejatinya tidak mengherankan, karena sebelum menempati posisinya sekarang, Firmino sering dipercaya menjaga sektor pertahanan tim. Inilah faktanya, mengutip Bolasport.

 

Penyerang Tengah
Firmino fasih bermain di posisi penyerang tengah dengan diapit Mane dan Salah di Liverpool. Ia juga memainkan peran ini sebanyak sepuluh kali bersama Hoffenheim pada 2011 hingga 2015.

Bila dihitung secara keseluruhan, ia bermain sebanyak 78 kali, mencetak 42 gol dan 30 assist di posisi ini.

Second Striker
Pada dua musim terakhir di Hoffenheim dan musim pertama di Liverpool, Firmino dimainkan sebagai second striker. Pria asal Brasil itu tampil 47 kali di seluruh ajang dan sukses menyarangkan 14 gol dan 10 assist.

Penyerang dan Sayap Kanan
Roberto Firmino tidak jarang menjadi penyerang dan sayap kanan. Dari 2010 hingga sekarang, Firmino bermain 37 kali di sisi kanan sektor penyerangan. Hanya saja ia tak terlalu produktif, yaitu mencetak enam gol dan empat assist.

Penyerang dan Gelandang Sayap Kiri
Ia bermain 33 kali di posisi penyerang dan gelandang sayap kiri. Seperti poin sebelumnya, Firmino agak kurang ‘bertaji’ lantaran hanya membukukan 10 gol dan dua assist.

Gelandang Serang
Pemain yang akrab disapa Bobby ini mencatatkan 73 laga bersama Hoffenheim dari 88 total kali di posisi gelandang serang. Hasilnya, 24 gol dan 26 assist berhasil ia torehkan.

Gelandang Bertahan, Bek Tengah dan Sayap
Tidak ada catatan jumlah laga dan gol yang dicetak oleh Firmino kala bermain di posisi ini. “Ketika saya muda, saya bermain sebagai bek kanan,” kata dia kepada majalah resmi Liverpool.

“Saya juga bermain sebagai bek tengah. Tetapi saya yakin bahwa saya bisa menguasai bola dengan cukup tenang sehingga mulai bermain lebih jauh ke depan di belakang empat gelandang bertahan.”

Klaim bahwa Firmino sempat beroperasi di posisi gelandang bertahan dibenarkan oleh Guilherme Farias, pelatih Firmino di Clube de Regatas Brasil.

“Dia adalah volante (gelandang bertahan). Di Figueirense, dia beralih ke gelandang serang, mengumpan dan menendang bola dengan baik,” tutur Farias kepada Globo Esporte.

Seperti dilansir dari Liverpool Echo, ketiga posisi ini dimainkannya sebelum berusia 17 tahun. “Setelah beberapa saat, saya cukup ofensif sehingga ketika berusia 17 atau 18 tahun, saya mulai memainkan gelandang yang berpikiran lebih ke depan,” ucap sang pemain. [GP]

SHARE