Jangan Remehkan Gejala Sakit Perut Seperti ini - Male Indonesia
Jangan Remehkan Gejala Sakit Perut Seperti ini
Gading Perkasa | Sex & Health

Sakit perut bisa terasa menyebalkan. Bisa jadi sakit itu berupa perut yang melilit, perih, dan masih banyak lagi.

Public Domain Pictures

Banyak dari kita menyepelekan hal tersebut. Padahal, beberapa jenis sakit perut dapat menjadi masalah kesehatan serius di kemudian hari. Beberapa di antaranya berujung pada iritasi usus besar, dan lain-lain.

Berikut empat jenis sakit perut yang tidak boleh diremehkan. Mengutip berbagai sumber:

Rasa Sakit tak Kunjung Hilang
Seperti dilansir dari Huffington Post, rasa sakit terus menerus dan berlangsung selama lebih dari tiga bulan harus mendapatkan pemeriksaan medis.

Menurut ahli kesehatan Liz McMahon, gejala itu bisa berupa diare, sembelit, sakit setelah makan, merasa kenyang hanya dengan beberapa gigitan, kembung, dan sering kentut.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar atau intoleransi laktosi, hingga yang lebih parah seperti gastroparesis. Nama terakhir merupakan kondisi di mana otot lambung melemah dan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Nyeri Disertai Mual dan Muntah
Ketidaknyamanan perut yang datang bersamaan mual dan muntah terjadi karena beberapa faktor. Misalnya penyumbatan usus, infeksi gastrointestinal, peradangan, batu ginjal, maag, bahkan serangan jantung.

Ahli gastroentrologi Elena Ivanina mengatakan bahwa ada banyak diagnosis yang perlu dipertimbangkan saat sakit perut disertai mual dan muntah. Anda disarankan segera memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri yang Tiba-Tiba dan Sering
Jika Anda mengalami sakit perut yang hebat dan parah, mungkin perut Anda bermasalah. Radang usus buntu dapat menimpa Anda ketika rasa sakit sangat tajam.

Biasanya, rasa sakit ini datang secara tiba-tiba dan tidak hilang. Nyeri yang hebat juga disebabkan oleh ulkus, pankreatitis, atau penyumbatan saluran empedu. Jangan menunda ketika merasakan sakit yang parah.

Sakit Perut Disertai Penurunan Berat Badan
“Penurunan berat badan yang tidak terduga atau disengaja selalu mengkhawatirkan dan harus dievaluasi oleh dokter apakah itu dikarenakan sakit perut atau gejala lainnya,” kata Ivanina seperti dilansir Huffington Post.

Hal itu, lanjut Ivanina, bisa menjadi pertanda risiko kanker, pankreatitis kronis, penyakit Crohn atau radang usus kronis, dan banyak lagi. [GP]

SHARE