Olahraga Ini Berasal dari 4 Cabang Sekaligus - Male Indonesia
Olahraga Ini Berasal dari 4 Cabang Sekaligus
MALE ID | Sport & Hobby

Seperti diketahui secara umum, olahraga bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).


Pixabay.com

Permainan bola voli termasuk jenis olahraga yang cukup digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Para atletpun memperoleh banyak penghargaan di berbagai kejuaraan bola voli dunia. Sejarah bola voli dulunya memiliki nama mintonette. Nama tersebut mengawali sejarah bola voli yang dimainkan sampai sekarang.

Cabang olahraga ini pertama kali ditemukan oleh orang yang bernama William G. Morgan dengan nama Mintonette. Morgan berhasil menemukan jenis olahraga Mintonette di negara Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. 

Sejarah bola voli tersebut diawali oleh organisasi YCMA. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris. YCMA didirikan oleh George William. Organisasi ini juga menyajikan beberapa fasilitas seperti penginapan, pendidikan luar sekolah maupun sarana olahraga. 

Olahraga bola voli mendapatkan inspirasi dari permainan bola basket yang ditemukan oleh James Naismith. Bahkan penemuan bola voli setelah pertemuan William G. Morgan dengan James Naismith.

James Naismith memiliki profesi yang sama dengan William G. Morgan yaitu sebagai instruktur pendidikan jasmani. Setelah pertemuan tersebut, empat tahun kemudian William G. Morgan menemukan olahraga baru dengan nama Mintonette.

Dan tahukah Anda, bola voli ini kombinasi beberapa olahraga seperti baseball, bola tangan/handball, tenis dan bola basket. 

Berubah Nama Menjadi Bola Voli
Pada tahun 1896, olahraga yang bernama Mintonette ini pun berubah nama, dan menjadi volleyball atau yang sering disebut dengan bola voli. Hal tersebut dilakukan dalam rangka demonstrasi pertandingannya yang kali pertama diadakan oleh YMCA Training School.

Pada kesempatan itu, dihadiri oleh seluruh instruktur yang ada pada organisasi tersebut, William G Morgan membawa pada saat itu membawa 2 tim. Dan untuk setiap tim memiliki anggota sebanyak 5 orang.

Morgan pun menjelaskan, bahwa di dalam permainan yang diciptakannya itu dapat dimainkan di dalam ataupun luar ruangan. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam permainan ini juga dapat dimainkan oleh banyak orang. tak ada standar jumlah yang membatasi di dalam permainan tersebut.

Bola Voli di Indonesia
Bola voli masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1928. Akan tetapi pada waktu itu, bola voli ini hanya dimainkan oleh Belanda dan para bangsawan saja.

Karena pada waktu itu, dalam mengembangkan olahraga di Indonesia, guru-guru yang menjadi instruktur pendidikan jasmani didatangkan langsung dari Belanda. Selain para guru, para tentara pun memiliki peran di dalam mengenalkan serta mengembangkan permainan bola voli di Indonesia ini.

Mereka sering bermain bola voli di asrama mereka, terkadang juga di lapangan terbuka. Selain itu mereka juga sering mengadakan pertandingan antar Kompeni. *** (SS)

SHARE