Olahraga yang awalnya digunakan untuk Berburu - Male Indonesia
Olahraga yang awalnya digunakan untuk Berburu
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Lempar Lembing dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Javeling Throw. Induk Organisasi Lempar Lembing Nasional dan Internasional berada dibawah Induk oganisasi olahraga atletik. Untuk Indonesia Induk organisasi olahraga atletik adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Sedangkan Induk Organisasi Atletik Internasional adalah IAAF (International Amateur Atlhetic Federation).

Photo by tableatny on Flickr

Lempar Lembing adalah suatu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya. Seorang atlet lempar lembing akan memperoleh jauhnya lemparan dengan mengkombinasikan kekuatan dengan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.

Namun tahukah Anda, jika cabang olahraga satu ini merupakan hasil dari cara berburu? Pada zaman dahulu, lempar lembing merupakan kebiasaan dalam hal ketangkasan. Olahraga ini merupakan wujud ketangkasan pada zaman lampau ketika sedang berburu atau berperang. Manusia purba pada saat itu menggunakan lembing yang tajam untuk memburu dan menangkap hewan.

 
 

Seiring berkembangnya zaman, sejarah lempar lembing juga ikut berkembang. Perkembangan gaya hidup manusia terus berkembang menjadi bercocok tanam namun tetap kental dengan perburuan. Namun zaman tersebut terdapat perubahan kebiasaan berburu menggunakan lembing menjadi olahraga lempar lembing. 

Menurut penelitian, olahraga lempar lembing sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Lempar lembing tersebut merupakan jenis olahraga yang mewajibkan para atletnya melempar benda menyerupai tongkat yaitu Lembing dengan jarak 2,3 meter sampai sejauh mungkin. 

Olahraga lempar lembing mulai masuk ke dalam cabang olahraga Olimpiade pada tahun 1908. Pada saat itu lempar lembing sudah mulai banyak diminati ini terbukti dengan berpartisipasinya 42 orang peserta (Atlit) Lempar Lembing dari 11 Negara. Dan Swedia merupakan negara yang menjuarai olahraga lempar Lembing ini yang diwakili oleh Erik Lundqvist ia berhasil melemparkan lembing sejauh 54,83 meter.

Akibat perang dunia I maka olimpiade selanjutnya dilakukan pada tahun 1920 di antwerp, dan Jonny Myyra dari Finlandia berhasil menjadi juara dengan lemparan sejauh 65,78 meter. Myyra juga berhasil memenangkan Olympiade berikutnya di paris pada tahun 1924 dengan jarak lemparan sehauh 62,96 meter. *** (SS)

SHARE